Kunjungi KBRI di Amerika, Wali Kota Maidi Bahas Empat Isu Strategis Pembangunan Kota




WASHINGTON, USA – Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) merupakan salah satu tempat yang wajib dikunjungi ketika lawatan di luar negeri. Begitu juga saat kunjungan kerja Wali Kota Madiun, Maidi di Amerika Serikat. Orang nomor satu di Kota Pendekar tersebut juga berkunjung ke KBRI di Washington DC. Aktivitas di KBRI tersebut diunggah di akun instagram pribadi Wali Kota Maidi pada Senin (7/8) kemarin.

‘’Salah satu agenda lawatan kami di USA adalah berkunjung ke Kedutaan Besar Republik Indonesia di Washington DC. Kami disambut oleh Deputy Chief of Mission (Minister), Embassy of the Republic of Indonesia, Washington, D.C, USA, Bapak Ida Bagus Made Bimantara atau akrab disapa bapak Sade Bimantara,’’ tulis wali kota.

Dalam unggahan tersebut, wali kota juga menjelaskan sejumlah poin penting pertemuan. Yakni, terkait meningkatkan keterampilan tenaga kerja lokal, memberdayakam UMKM, pengembangan kepemimpinan dan koordinasi antar institusi, serta tata kota. Isu strategis tersebut merupakan hasil pertemuan sebelumnya dengan para ahli di Georgetown University. Ya, wali kota bersama sejumlah kepala daerah yang lain memang menjalani kegiatan program Certified Senior Eksekutif Study dalam bidang Regional and Urban Development Strategy selama di negeri Paman Sam tersebut. Salah satunya, dengan para akademisi dari Georgetown University.

‘’Diskusi mengalir dengan hangat, semua kepala daerah mengemukakan pendapat dengan aktif.
Semoga ilmu pengetahuan yang di serap di sini bisa mensinkronkan dan memajukan semua daerah. Karena Kolaborasi lebih penting daripada kompetisi,’’ imbuhnya.

Wali Kota Maidi memang tidak sendiri. Lawatan luar negeri tersebut merupakan undangan dari Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Apeksi) dan INADATA Consulting. Ada empat kepala daerah yang turut serta. Salah satu di antaranya, Wali Kota Madiun, Maidi. Wali kota dan rombongan berangkat pada Minggu 30 Juli lalu dan dijadwalkan kembali ke tanah air pada Kamis (10/8) mendatang. Dalam lawatan tersebut ada banyak hal yang didapat wali kota untuk Kota Madiun. Selain urusan kerja sama terkait penyerapan tenaga kerja dan pemberdayaan UMKM, wali kota juga menggali ide untuk penataan wajah kota. Salah satunya, terkait pembangunan replika Patung Liberty untuk di Kota Madiun. (KBRI/agi/madiuntoday)