Pemkot Madiun Bakal Hadirkan Kereta Cepat Di Bogowonto




MADIUN – Tak lama lagi, Kota Madiun bakal memiliki kereta cepat. Namun, bukan sebagai sarana transportasi. Melainkan, sebagai ikon untuk meningkatkan magnet wisata kuliner di kawasan Bogowonto Culinary Center (BCC).

‘’Replika kereta cepat ini merupakan pekerjaan pelengkap Jalan H. A. Salim. Hari ini sudah penggalian titik-titik tiga pilar yang akan dipasang,’’ ujar Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kota Madiun, Tariq Megah, Senin (7/8).

Adapun dalam pembangunan kereta cepat ini Pemkot Madiun menyediakan anggaran sebesar Rp 1,9 miliar. Replika ini akan memiliki perbandingan 1:1 dengan kereta cepat Indonesia yang asli.

Replika kereta cepat nantinya akan ditempatkan di atas permukaan jalan secara melintang setinggi 5 meter. Mulai dari Jalan Bogowonto hingga H.A. Salim. Panjang gerbong kereta sekitar 27 meter dengan lebar lima meter.

Thariq mengatakan, replika kereta cepat ini akan melengkapi kawasan kuliner yang sudah ada di BCC. Di mana, sebelumnya telah terpajang gerbong kereta yang berubah menjadi restoran.
“Ini konsepnya penyempurnaan kuliner Bogowonto. Selain penyempurnaan, juga untuk menambah estetika kuliner di Bogowonto,” imbuhnya.
Meski hanya sebuah replika, gerbong kereta cepat Indonesia ini juga dapat digunakan untuk tempat makan maupun rapat. Bahkan, Thariq mengeklaim interiornya bakal dirombak semewah mungkin.
“Setelah jadi nanti bisa untuk tempat makan. Target selesai pertengahan Desember, tetapi kita upayakan awal Desember bisa diresmikan dan bisa digunakan masyarakat,” pungkasnya. (WS Hendro/irs/madiuntoday)