Lapas I Madiun Kini Punya Sport Center, Jadi Sarana Rekreasi Warga Binaan




MADIUN – Lapas Kelas I Madiun terus menghadirkan inovasi untuk memenuhi kebutuhan warga binaan. Terbaru, lapas yang dipimpin oleh Kadek Anton Budiharta itu membuka sarana olahraga atausport center sebagai wadah pembinaan jasmani bagi pegawai maupun warga binaan.

“Kami kira untuk sementara ini, baru Madiun yang di dalam lapasnya ada sport center untuk pembinaan jasmani warga binaan,” ujar Kadiv Pemasyarakatan Teguh Wibowo yang meresmikan Gedung Sport Center Lapas I Madiun, Kamis (10/8).

Teguh berharap, sarana baru ini bisa dimanfaatkan dengan baik. Sehingga, dapat menunjang kesehatan seluruh warga binaan.

Sementara itu, Kalapas I Madiun Kadek Anton Budiharta menjelaskan bahwa sport center ini memanfaatkan lahan kosong yang ada di lapas. Tepatnya, di seberang Aula Utama lapas yang ada sejak zaman pendudukan Belanda itu. Sebelumnya, area tersebut seringkali difungsikan sebagai gudang.

“Akhirnya kami optimalkan untuk pembinaan, agar warga binaan mendapatkan manfaat dari ruang yang ada,” tuturnya.

Ada beragam alat olahraga tersedia di sport center. Mulai dari alat gym, barbel, hingga papan catur dan domino. Seluruhnya dapat digunakan oleh pegawai maupun warga binaan sebagai sarana rekreasi.

"Salah satu tujuannya memang untuk menciptakan kedekatan dan kebersamaan yang baik antara petugas maupun warga binaan," imbuh pria asal Bali tersebut.

Nantinya petugas maupun warga binaan dapat berolahraga bersama. Dengan ketentuan tidak sampai mengganggu jadwal pekerjaan dan kegiatan program pembinaan yang ada. (Rams/irs/madiuntoday)