Peringati HUT Kemerdekaan, Pegiat Panjang Tebing Kibarkan Bendera Merah Putih Di Tebing Kertoembo




MADIUN – Sang saka merah putih tidak hanya berkibar di angkasa. Namun, ada juga yang berkibar di dinding tebing nan tinggi. Seperti di tebing Kertoembo Kecamatan Kare kawasan lereng Gunung Wilis ini. Merah putih ukuran 9x6 meter berhasil dikibarkan di dinding tebing tepat pada 17 Agustus 2023 sekitar pukul 10.00 dengan ketinggian sekitar 50 meter. Berkibarnya sang merah putih ini tak terlepas dari upaya sejumlah pegiat panjang tebing dari Kota Madiun.

‘’Memang sudah ada rencana untuk mengibarkan merah putih di sana. Alhamdulillah bendera berhasil kita kibarkan tepat bersamaan detik-detik proklamasi,’’ kata Lintang, ketua pelaksana.

Setidaknya ada tujuh orang pemberani dan terlatih dibalik berkibarnya bendera merah putih di lokasi ekstrem tersebut. Yakni, Ibnu Ali dan Anan dari Politeknik Negeri Madiun (PNM), Irul, Heri, dan Nanang dari BPBD Kota Madiun, Agung dari Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI), dan satu orang lainnya dari masyarakat umum bernama Alvin. Lintang mengaku tidak ada kendala berarti dalam upaya pengibaran bendera tersebut. Sebab, berbagai persiapan sudah dilakukan sebelumnya.

‘’Memang kita lakukan beberapa gladi dulu. Salah satunya, pada Sabtu kemarin kita sudah mencoba mengibarkan benderanya,’’ ujar Lintang yang juga dari PNM tersebut.

Selain uji ciba pengibaran, tim juga sudah terlebih dahulu membuat jalur untuk memanjatnya. Hal itu penting mengingat berkaitan dengan keselamatan pemanjat. Lintang menyebut pengibaran bendera tersebut untuk memperingati HUT Kemerdekaan ke-78 RI sekaligus menyalurkan hobi penggiat panjat tebing.

‘’Turut memeriahkan HUT Kemerdekaan bisa dengan cara apa saja. Kalau kami memilih dengan panjat tebing sesuai dengan hobi kami,’’ imbuhnya.

Lintang menyebut perjuangan menantang dengan medan tak mudah dalam mengibarkan bendera di dinding tebing tersebut juga sebagai pengingat akan perjuangan para pejuang dulu. Biarpun harus dengan bercucuran air mata dan darah, semangat para pejuang tidak pernah surut untuk memerdekakan tanah air tercinta. (istimewa/agi/madiuntoday)