Gedung Baru Terminal Purbaya Mulai Difungsikan, Penumpang Diimbau Tak Naik-Turun Di Jalan




MADIUN – Proyek revitalisasi Terminal Tipe A Purbaya Madiun telah rampung. Sesuai target, komponen sistem transportasi yang dikelola oleh Pemerintah Pusat itu selesai dikerjakan pada 13 Juli lalu dan kini mulai difungsikan.

‘’Untuk Terminal Purbaya sudah mulai aktif tadi malam. Mulai pukul 00.00 semua bus dan armada yang ada kami kerahkan masuk ke terminal yang baru,’’ ujar Koordinator Satuan Pelayanan (Korsatpel) Terminal Tipe A Purboyo Kota Madiun, Suyatno saat ditemui, Senin (21/8).

Karenanya, Suyatno mengimbau penumpang untuk tidak naik-turun bus di pinggir jalan. Apalagi, bangunan terminal baru telah dilengkapi fasilitas yang meningkatkan kenyamanan penumpang.

Terminal Purbaya saat ini memiliki dua gedung utama. Gedung di sisi Utara berfungsi sebagai area penurunan penumpang. Di lokasi tersebut juga tersedia jalur khusus bagi penjemput. Sehingga, meminimalisasi parkir. Selain itu, di dalamnya juga tersedia loket pembelian tiket bus tertentu.

Sedangkan, gedung di sisi Selatan berfungsi sebagai area tunggu bagi penumpang yang akan naik bus. Tersedia enam lajur yang dilengkapi penanda untuk memudahkan calon penumpang dalam menentukan bus yang akan dinaiki.

‘’Dengan difungsikannya gedung terminal yang baru ini diharapkan jumlah bus yang masuk bisa lebih optimal. Sebelum revitalisasi, jumlah bus yang masuk sekitar 700 armada. Kemudian, mengalami penurunan menjadi 500-550 armada. Kami harap, bisa kembali ke angka 700 lagi,’’ jelasnya.

Lebih lanjut, Suyatno mengungkapkan bahwa revitalisasi yang menelan anggaran hingga Rp 30 miliar dari APBN itu mengusung konsep green building. Yakni, dengan memperbanyak penggunaan kaca. Sehingga, meminimalisasi penggunaan lampu. Khususnya, di siang hari.

‘’Selain itu, dilengkapi ruang tunggu yang luas. Sehingga, diharapkan penumpang lebih nyaman,’’ tandasnya. (WS Hendro/irs/madiuntoday)