60 Persen PAD Sektor Pajak Telah Terbayar, Bapenda Optimis Capai Target Hingga Akhir Tahun




MADIUN – Capaian atau realisasi pendapatan asli daerah (PAD) Kota Madiun dari sektor pajak menunjukkan progres yang cukup baik. Hingga 31 Juli 2023, jumlah setoran yang masuk telah mencapai 60,79 persen dari target Rp 102,5 miliar. Atau, sebanyak Rp 62,3 miliar.

Hal ini seperti disampaikan oleh Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kota Madiun, Jariyanto. Dirinya pun optimis target ini dapat tercapai hingga akhir tahun nanti. ‘’Sudah 50 persen lebih dari target,’’ ujarnya, Kamis (24/8).

Untuk itu, Bapenda terus berupaya agar PAD sektor pajak bisa terpenuhi. Yaitu, dengan melakukan komunikasi dengan wajib pajak. Khususnya, pengelola restoran, perhotelan, dan tempat hiburan.

‘’Jika ada kendala, tim kami langsung turun ke lapangan,’’ imbuhnya.

Lebih lanjut, Jariyanto mengungkapkan bahwa PAD sektor pajak tertinggi berasal dari pajak bea perolehan hak atas tanah dan bangunan (BPHTB) serta pajak bumi dan bangunan (PBB).

Sampai dengan Juli 2023, realisasi BPHTB telah mencapai Rp 15,7 miliar atau 58,99 persen dari total target Rp 26,6 miliar. Sedangkan, PP sudah terkumpul Rp 11,7 miliar dari target Rp 24,1 miliar. ‘’Instrumen pajak daerah lainnya bersumber dari restoran, hotel, hiburan, reklame, penerangan jalan, dan parkir,’’ tandasnya. (WS Hendro/irs/madiuntoday)