Digitalisasi Layanan Bus Sekolah, Dishub Siapkan Aplikasi Sipantas, Orang Tua Wajib Install Agar Dapat Pemberitahuan




MADIUN – Layanan bus sekolah berbasis aplikasi terus dipersiapkan. Setelah pendataan ulang peminat layanan bus sekolah tersebut, aplikasi untuk orang tua juga telah disiapkan. Aplikasi tersebut dinamakan, Sistem Pendaftaran Online dan Tracking Bus (Sipantas). Aplikasi berbasis android itu tengah didaftarkan di google dan nantinya bisa diunduh di playstore.

‘’Jadi ini nanti yang harus diinstal di HP orang tua. Nanti notifikasi dan lainnya melalui aplikasi itu,’’ kata Kepala Dinas Perhubungan Kota Madiun, Subakri, Kamis (24/8).

Subakri menyebut melalui aplikasi tersebut orang tua akan mendapatkan pemberitahuan ketika si anak naik bus. Anak akan dibekali kartu ber-chip. Kartu tersebut wajib ditempelkan pada alat pembaca di dalam bus. Begitu kartu terbaca di mesin, pemberitahuan akan masuk di handphone orang tua melalui aplikasi tersebut.

‘’Dengan begitu, orang tua bisa memantau anaknya sudah naik bus apa belum,’’ imbuhnya.

Selain itu, dalam aplikasi juga ditambahkan menu tracking. Tampilan tracking-nya juga seperti google maps. Orang tua bisa memantau secara riil time perjalanan bus yang ditumpangi anaknya. Hal tersebut bisa memudahkan orang tua yang akan melakukan penjemputan di titik jemput.

‘’Orang tua tidak perlu menunggu lama. Bisa dipantau dari aplikasi. Orang tua juga bisa melihat data nama sopir yang bertugas,’’ jelasnya.

Aplikasi ini masih menunggu persetujuan dari pihak google. Artinya, belum bisa diunduh. Subakri menyebut penerapan digitalisasi dalam layanan bus sekolah ini memang masih proses. Selain penyiapan aplikasi, pihaknya juga tengah mempersiapkan untuk cetak kartunya. Sampai saat ini tercatat sudah terdapat 177 pendaftar. Pendaftaran bisa dilakukan melalui google form https://forms.gle/gL8eoh3rzhvDrH3w5.

‘’Pendaftaran masih kita buka. Bagi yang berminat silahkan mendaftar. Ini penting untuk pembagian kartunya,’’ pungkasnya sembari menyebut aplikasi tersebut juga diberikan kepada Dinas Kominfo Kota Madiun.

Seperti diberitakan, layanan bus sekolah Dinas Perhubungan Kota Madiun terus dioptimalkan. Salah satunya, dengan penerapan digitalisasi layanan. Pendataan ulang pun dilakukan. Pergantian kartu juga diberlakukan. (ws hendro/agi/madiuntoday).