Lengkapi Fasilitas Taman Banjarejo, Pemkot Tambah Pendopo Taman Sedoro




MADIUN – Pembangunan Taman Sedoro Kelurahan Banjarejo kembali mendapatkan sentuhan. Taman yang berada di Jalan Sedoro, tepatnya di sebelah barat Lapak UMKM Banjarejo itu akan ditambahkan sebuah pendopo. Pekerjaan pembangunan pendopo sudah dimulai. Saat ini masih dalam tahap pembuatan pondasi.

‘’Di sebelah barat lapak itu kita bangun taman. Sudah kita mulai tahun lalu. Ini kita lanjutkan lagi,’’ kata Kepala Bidang (Kabid) Prasarana Utilitas Umum, Pertamanan, PJU, dan Pemakaman Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (Disperkim) Kota Madiun Andi Anto, Kamis (24/8).

Pendopo tersebut nantinya berukuran 10x10 meter persegi. Namanya juga taman, pendopo tersebut juga akan ditambahkan pepohonan dan tanaman bunga. Ada juga semacam jembatan untuk penghubung dengan pembangunan pertama. Ya, keberadaan pendopo ini memang ada di sebelah utara bangunan yang sudah ada. Andi menyebut pengembangan Taman Sedoro tersebut memiliki nilai kontrak Rp 306 juta.

‘’Pekerjaan selama tiga bulan. Kita targetkan November selesai,’’ jelasnya.

Andi menyebut keberadaan taman memang tak jauh dari lapak. Harapannya, memang agar bisa semakin melengkapi. Pengunjung lapak UMKM bisa bermain dan bersanti di taman. Keberadaan taman nantinya juga bisa untuk tempat berkegiatan. Misalnya pertemuan dan lainnya. Terkait adanya Tempat Pembuangan Sementara (TPS) yang tak begitu jauh di sebelah baratnya, Andi menyebut tidak usah khawatir. Sebab, keberadaan TPS juga akan dipindah ke sisi utara dekat dengan makam.

‘’Jadi TPS-nya juga akan dipindah dibangun yang baru di sebelah utara,’’ ujarnya.

Seperti diketahui, Pemerintah Kota Madiun memang terus menghadirkan tempat-tempat baru yang menarik. Pembangunan bukan hanya di tengah kota. Tetapi juga hadir di tiap kelurahan. Tak hanya lapak sebagai pusat perekonomian, tetapi juga taman-taman sebagai Ruang Terbuka Hijau (RTH). Sebagian pembangunan sengaja tak jauh dari lokasi lapak. Hal itu dilakukan untuk semakin mengoptimalkan keberadaan lapak. (rams/agi/madiuntoday)