Agar Pelayanan Optimal, Dinkes PPKB Kenalkan SIPGAR untuk Ukur Kebugaran




MADIUN - Kebugaran jasmani yang baik dibutuhkan dalam menjalankan tugas agar lebih produktif dan optimal, utamanya bagi para aparatur sipil negara (ASN) yang bertugas melayani masyarakat.

Maka dari itu, untuk menunjang agar pelayanan optimal Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (Dinkes-PPKB) Kota Madiun melakukan pengukuran kebugaran jasmani pegawainya menggunakan metode rockpot dengan diukur melalui aplikasi Sistem Informasi Pengukuran Kebugaran (SIPGAR).

“Kita melakukan tes rockpot. Lalu hasil kebugaran kita bisa diukur lewat SIPGAR itu tadi,” terang Sekretaris Dinkes PPKB, Ismudoko, Jumat (25/8).

Lebih lanjut dirinya menjelaskan, lewat SIPGAR, pengukuran kebugaran dapat dilaksanakan secara mandiri dan mudah untuk digunakan karena hanya dengan menggunakan smartphone dengan mengunduh aplikasi melalui playstore.

SIPGAR, lanjutnya, merupakan aplikasi pencatatan pemeriksaan kondisi fisik seseorang yang dilakukan dalam kurun waktu tertentu menggunakan metode Rockport. Dalam tes rockpot, peserta diharuskan untuk melakukan jalan, jogging, atau lari sesuai dengan kemampuan pada lintasan yang datar sejauh 1,64 Meter.

“Nah, waktu tempuh dalam menit dan detik yang didapat akan dikonversi sesuai dengan usia dan jenis kelamin kedalam tabel. Sehingga dari aplikasi kita tahu lima kategori kebugaran yaitu baik sekali, baik, cukup, kurang, kurang sekali atau gagal,” jelasnya.

Melalui kegiatan ini, dirinya berharap semua ASN di Kota Madiun bisa melakukan pengukuran kebugaran secara mandiri. Sehingga mampu menghasilkan pekerjaan yang produktif dan pelayanan prima.
(Dspp/kus/madiuntoday)