Mulai Pasang Tiang dan Lampu Penerangan, Pekerjaan Trotoar Jalan Dr Seotomo Sentuh 95 Persen




MADIUN – Pembangunan trotoar Jalan Dr Seotomo mendekati akhir. Total pekerjaan sudah mencapai 95 persen. Saat ini petugas tengah menyelesaikan pemasangan lampu penerangan di sepanjang trotoar tersebut.

‘’Total ada 65 tiang sedang proses pasang. Kalau keseluruhan pekerjaan sudah 95 persen,’’ kata Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPUR) Kota Madiun, Thariq Megah, Senin (28/8).

Pembangunan trotoar di sepanjang Jalan Dr Soetomo tersebut sudah dimulai sejak April lalu. Trotoar dibuat serupa dengan di Jalan Panglima Sudirman atau depan Pasar Besar Madiun (PBM). Artinya, kawasan tersebut akan tersambung dengan Pahlawan Street Center (PSC). Pembangunan trotoar di sisi barat itu setidaknya memiliki panjang sekitar 800 meter. Lebar mencapai 3,5 meter dengan tinggi 25-30 sentimeter dari permukaan jalan. Anggarannya mencapai Rp 3,5 miliar.

‘’Sesuai arahan bapak wali kota, pedestrian ini mengkoneksikan tempat-tempat penting. Jadi memang akan saling terhubung,’’ ujarnya sembari menyebut pemasangan tiang dan lampu ditarget selesai hari ini.

Seperti hanya di Jalan Pangsud dan Jalan Pahlawan, tiang lampu di trotoar Dr Soetomo juga dibuat estetik dan seragam. Terdapat motif ukiran pada tiangnya. Setiap tiang terdapat dua lampu. Selain itu, juga ditambahkan payung peneduh, kursi, dan meja taman.

‘’Prinsipnya fungsi-fungsi trotoar sebagai pejalan kaki harus terpenuhi semua,’’ ungkapnya.

Seperti diketahui, pedestrian dengan trotoar yang lebar sudah tersaji dimulai dari Jalan Pahlawan. Trotoar super lebar tersebut sudah menyambung sampai di kawasan stasiun di sisi utara dan pasar besar di sisi selatan. Pedestrian juga sudah tersambung ke Alun-alun. Untuk ke timur sudah menyambung hingga di Jalan dr Soetomo. Hadirnya trotoar di Jalan Dr Soetomo bakal semakin mendukung pusat perekonomian di kawasan tersebut. Seperti diketahui, di sana ada pusat gadget, perbankkan, sampai rumah sakit. Artinya, pedestrian sudah menghubungkan tempat-tempat penting di Kota Pendekar. (rams/agi/madiuntoday)