Tumbuhkan Karakter Optimis dan Saling Menghargai Antar Sesama, SDN Endrakila Ajak Siswa Nobar Film di Bioskop




MADIUN - Belajar tidak hanya dilakukan di kelas. Bahkan, di bioskop pun juga bisa menjadi ruang edukasi bagi anak-anak. Contohnya seperti yang dilakukan siswa SDN 05 Madiun Lor, Rabu (30/8), ratusan siswa tersebut menonton film Tegar.

''Anak-anak sebelum berangkat diberi tugas membuat sinopsis,'' ujar Kepala SDN 05 Madiun Lor Haryati.

Tak hanya itu, kegiatan tersebut juga sekaligus menumbuhkan projek penguatan profil Pelajar Pancasila (P5). Di antaranya mandiri , kreatif dan bernalar kritis. Juga, di bioskop anak-anak banyak diedukasi mengenai budi pekerti oleh para karakter yang ada di film tersebut. Misalnya, sikap saling menghargai, atau tidak membedakan teman dalam bergaul.

Belajar di luar kelas seperti ini, lanjut Haryati, juga penting untuk membuat siswa tak bosan dengan metode pembelajaran di dalam kelas.

''Seperti dalam film Tegar, tokoh di film tersebut menunjukkan bahwa yang tidak sempurna saja bisa berjuang keras, apalagi yang fisiknya sempurna,'' tutur Haryati.

Dirinya berharap, melalui pembelajaran ini anak-anak mampu mengimplementasikan ke kehidupan sehari-hari dan menjdi pribadi yang lebih semangat dalam meraih cita-cita.
(Dspp/kus/madiuntoday)