Instalasi IKD Sentuh 10 Persen dari Target, Dukcapil Gencarkan Jemput Bola




MADIUN – Instalasi Identitas Kependudukan Digital (IKD) juga terus dilakukan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kota Madiun. Hal itu untuk mengejar target yang ditetapkan pemerintah pusat terkait capaian identitas digital tersebut. Pemerintah daerah setidaknya diberikan target sebesar 25 persen dari jumlah penduduk yang sudah ber-KTP elektronik.

‘’Dalam rangka pemenuhan target 25 persen itu, kita terus melakukan instalasi IKD dengan beragam cara. Salah satunya, melalui dengan cara jemput bola,’’ kata Kepala Dinas Dukcapil Kota Madiun Agus Triyono di sela kegiatan perekaman dan instalasi IKD E-KTP di SMKN 1 Kota Madiun, Senin (4/9).

Agus menyebut capaian instalasi IKD di Kota Madiun memang belum cukup tinggi. Yakni, baru sekitar sepuluh persen. Artinya, masih ada sekitar 15 persen yang harus dikejar. Pihaknya sudah melakukan layanan instalasi IKD secara jemput bola. Selain ke sekolah, pihaknya juga melakukan instalasi ke kantor instansi pemerintah dan lainnya, jemput bola di pasar, mall, dan di kegiatan keramaian. Salah satunya, seperti pada event-event peringatan Hari Jadi Kota Madiun beberapa waktu lalu.

‘’Prinsipnya kita mendekatkan pelayanan ini kepada masyarakat. Kalau menunggu kesadaran masyarakat untuk datang, sepertinya akan membutuhkan waktu yang lama,’’ jelasnya.

Agus menambahkan ada banyak kendala yang mengemuka. Di antaranya, supporting gadget yang dimiliki masyarakat. Instalasi IKD memang disyaratkan handphone dengan spesifikasi tertentu. Kemudian, lanjut Agus, juga masih kurangnya pemahaman sebagian masyarakat akan teknologi serta minat instalasi IKD. Sebagian masyarakat masih enggan melakukan instalasi karena menganggap masih belum perlu.

‘’Ada banyak faktor ya. Tapi yang jelas, kita terus mensosialisasikan ini kepada masyarakat termasuk mendekatkan dan memberi kemudahan pelayanannya,’’ pungkasnya. (dspp/agi/madiuntoday)