Duta GenRe Kota Madiun 2023 Terpilih, Keysha-Tiara Bawa Misi Tunda Nikah Dini




MADIUN - Keysha Ivan dan Tiara Anggun
terpilih sebagai Duta Generasi Berencana (GenRe) Kota Madiun 2023. Duta remaja ini akan membawa misi sejumlah materi terkait generasi muda.

Mereka terseleksi dari 75 peserta yang lolos mengikuti persyaratan administrasi, tes tulis, wawancara, presentasi, dan pembekalan finalis. Puncaknya adalah 10 pasang Duta GenRe masuk malam grand final yang digelar beberapa waktu lalu.

Keysha mengaku dirinya tertarik mengikuti kontes ini karena beda dengan duta-duta lainnya. Pasalnya disini dirinya ikut andil dalam program pemerintah di antaranya seperti program pencegahan stunting.

“Anak muda juga bisa ikut mencegah stunting. Salah satunya dengan tunda pernikahan dini yang jadi salah satu faktor stunting,” ungkapnya.

Lebih lanjut dirinya menjelaskan, pernikahan dini berisiko belum matangnya pasangan suami istri dibawah umur mengenai asupan gizi yang cukup semasa kehamilan, kematangan psikologis dan organ reproduksi, serta pengetahuan tentang pola asuh yang benar.

Sementara itu, Tiara Anggun menambahkan usai terpilih sebagai Duta GenRe bakal lebih giat memberikan edukasi ke remaja dan berkontribusi kepada masyarakat selama menjabat jadi duta dalam setahun. Baik secara tatap muka ataupun media sosial.


Persiapkan Diri

Saat ini Keysha dan Tiara yang terpilih sebagai juara I Duta GenRe juga tengah mempersiapkan diri untuk mewakili Kota Madiun dalam mengikuti seleksi Duta Genre di tingkat Provinsi Jawa Timur.

Terkait dengan persiapan dalam mengikuti seleksi lanjutan, mereka menyebut membekali diri dengan menambah pengetahuan tentang GenRe, berlatih public speaking, dan rajin mengupdate informasi.
(Dspp/kus/madiuntoday)