Pantau Pekerjaan di Lapangan, Wali Kota Pastikan Pembangunan Replika Patung Liberty Sesuai Harapan




MADIUN – Pembangunan replika Patung Liberty di Kota Madiun tampaknya menarik perhatian Wali Kota Maidi. Bagaimana tidak, orang nomor satu di Kota Pendekar itu memantau langsung pembangunan meski baru di awal progres.

‘’Kota Madiun sudah memiliki sejumlah ikon dunia sebelumnya dan cukup berhasil. Ikon ini juga harus berhasil,’’ kata wali kota.

Wali kota menyebut setidaknya di kawasan Sumber Umis akan ada tiga ikon baru tahun ini. Yakni, Kincir Angin Belanda, Menara Jam Big Ben Inggris, dan juga Patung Liberty. Dua ikon berada di Sumber Umis sisi barat. Sementara patung Liberty berada di sisi timur. Tepatnya, dekat di antaranya jembatan penyeberangan kasih sayang. Artinya, di antara kawasan Sumber Umis sisi timur dan Pahlawan Religi Center (PRC).

‘’Progresnya memang belum besar. Peletakan batu pertama baru 17 Agustus kemarin. Mumpung masih awal kita awasi benar,’’ ujarnya sembari menyebut pekerjaan ditarget selesai dalam waktu tiga bulan ke depan.


Patung Liberty setinggi 16,75 meter tersebut memanfaatkan dana sharing antara APBD dengan CSR. Patung akan dibuat semirip mungkin dengan aslinya. Rencananya, patung menghadap ke barat. Wali kota menyebut keberadaan patung ikon negara Amerika Serikat itu akan menambah kuat magnit wisatawan di Kota Pendekar. Seperti diketahui, ada banyak wisatawan yang berkunjung ke Kota Madiun setelah hadirnya ikon-ikon dari berbagai negara maju. Wali kota menyebut hadirnya ikon baru diharap bisa semakin mendongkrak tingkat kunjungan ke Kota Madun.

‘’Kota itu harus dinamis. Jangan statis. Artinya, harus selalu ada perubahan-perubahan. Nah, perubahan-perubahan itu terus kita hadirkan untuk semakin menyempurnakan,’’ pungkasnya. (ney/agi/madiuntoday)