Meriahkan Event Gemarikan, Wali Kota Ajak Siswa Tangkap Ikan Di Kolam




MADIUN - Tawa ceria anak-anak menghiasi event Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (Gemarikan) di Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kota Madiun, Rabu (6/9).

Hal itu tak lepas dari kegiatan seru yang mereka ikuti. Yakni, memancing ikan bersama Wali Kota Madiun Maidi. Para siswa yang sudah dibagi per kelompok sesuai dengan sekolahnya masing-masing itu beradu keterampilan menangkap ikan sebanyak-banyaknya.

Tak peduli basah kuyup, para siswa tampak gembira mengejar ikan yang terus berenang menjauhi jaring tangkapan.

Selesai memancing, wali kota pun mengajak anak-anak untuk memasak dan makan ikan bersama. Ada berbagai menu olahan ikan yang telah disiapkan chef.

Menurut wali kota, kegiatan ini diharapkan bisa semakin meningkatkan kegemaran anak untuk makan ikan. Sebagai bahan pangan, ikan memiliki nilai gizi yang cukup tinggi. Selain itu, harganya juga lebih murah.


"Dengan makan ikan, anak akan lebih sehat dan cerdas. Maka, saya harap orang tua lebih sering menyediakan menu ikan dalam makanan sehari-hari. Sehingga, anak semakin terbiasa untuk makan ikan," ujarnya.

Terkait Stunting, wali kota berharap permasalahan ini dapat diatasi. Salah satunya, dengan meningkatkan kegemaran makan ikan.

"Saat ini kita di angka 9,7 persen. Ke depan, target kami Stunting turun hingga di angka 7 atau 6 persen," tandasnya. (Dspp/irs/madiuntoday)