Ada Pembelajaran Karakter di Film Tegar, Sekolah Ajak Peserta Didik Nobar




MADIUN – Pembelajaran karakter bagi anak bisa melalui beragam cara. Salah satunya, bisa melalui media film. Banyak film yang menyajikan berbagai pembelajaran luar biasa. Seperti Film Tegar. Film yang bercerita tentang anak disabilitas ini banyak dimanfaatkan untuk pembelajaran karakter kepada anak-anak. Seperti yang dilakukan Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 1 Kota Madiun ini. Pihak sekolah sengaja menawarkan kepada anak-anak untuk nonton bareng film tersebut di bioskop.

‘’Kami memang tidak membatasi, pada waktu kami tawarkan ternyata antusiasnya luar biasa. Hampir semua peserta didik ikut,’’ kata Bidang Kehumasan MIN 1 Kota Madiun, Sudarmawan, Jumat (8/9).

Setidaknya ada 983 peserta didik dari kelas 1 sampai kelas VI yang mengikuti. Pun, jadwal hingga dibagi dua sesi. Itu belum jumlah guru dan wali murid yang ikut. Sudarmawan menyebut ada beberapa wali murid yang juga turut menyaksikan. Dia menambahkan ada banyak pembelajaran yang bisa dipetik. Mulai dari nilai kasih sayang, saling menghormati, dan keluarga.

‘’Bahkan ada yang paling penting menurut kami. Yakni, terkait pembuliyan. Karakter Tegar dalam film ini kan dikisahkan disabilitas. Tentu sulit menjalani kehidupan dengan kondisi cacat. Di sini coba ditumbuhkan rasa empati untuk tidak membuly dan lainnya,’’ jelasnya.

Sudarmawan menambahkan hal tersebut tentu akan memberikan pelajaran berharga bagi siswa. Pihaknya tidak ingin kegiatan tersebut sekedar nonton bareng lantas selesai. Tetapi, pihak sekolah sepakat untuk memberikan tugas meresum. Harapannya, pembelajaran yang tersirat bisa ditangkap peserta didik dan bisa diingat ke depannya.

‘’Kita sudah berkoordinasi dengan koordinator masing-masing kelas dan sepakat untuk memberikan tugas meresum bagi peserta didik. Jadi harapannya, tidak hanya menonton lantas selesai,’’ pungkasnya. (rams/agi/madiuntoday)