Peringati HUT Sekolah, Siswa SMPN 2 Kota Madiun Napak Tilas Ke Tugu Pahlawan




MADIUN - Bangsa yang besar menghargai jasa para pahlawannya. Hal itulah yang diajarkan oleh SMP Negeri 2 Kota Madiun kepada siswa-siswinya. Apalagi, sejarah perjuangan kemerdekaan Indonesia berkaitan erat dengan sekolah di Jalan HA Salim tersebut.

Untuk itu, dalam memperingati Hari Ulang Tahun sekolah, Spenda mengajak para murid untuk napak tilas ke tugu pahlawan di Kota Madiun.

Adapun lokasi yang dikunjungi antara lain, Tugu Mastrip di halaman SMPN 2, Monumen Patung Kolonel Marhadi di Alun-alun, Taman Makam Pahlawan, Tugu Tentara Genie Pelajar (TGP) dan Tugu Monumen Pembela Tanah Air di Jalan Diponegoro, serta Tugu Monumen Moeljadi di Jalan Mastrip.

"Untuk kegiatan ini kami libatkan siswa-siswi kelas VII sampai IX. Masing-masing kelas diwakili 5 siswa dan 1 siswa untuk dokumentasi," ujar Waka Humas SMPN 2 Kota Madiun Agung Sugiharto, Rabu (13/9).

Dalam mengikuti kegiatan, para siswa diminta mengenakan pakaian khas tahun 1945-1950 atau pakaian pejuang zaman dahulu. Di masing-masing pos, mereka diminta mengerjakan tugas yang berkaitan dengan monumen yang dikunjungi.

"Kegiatan ini dilombakan. Kelompok dengan kostum terbaik dan bisa mengerjakan tugas dengan benar dan tuntas akan keluar sebagai pemenang," tuturnya.

Melalui kegiatan ini, Agung pun berharap dapat meningkatkan rasa nasionalisme para siswa. Selain itu, juga mengenalkan sejarah sekolahnya yang berkaitan erat dengan para pejuang, khususnya tentara pelajar di zaman perjuangan kemerdekaan Indonesia. (Rams/irs/madiuntoday)