Dibuka Tiga Hari Lagi, Begini Cara Cek Formasi CPNS 2023




MADIUN - Tiga hari lagi pemerintah bakal membuka pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK), tepatnya pada 17 September 2023.

Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan reformasi Birokrasi (PANRB) menetapkan 572.496 formasi untuk lowongan CPNS. Jumlah itu untuk formasi 72 instansi, dengan rincian untuk pemerintah pusat sebanyak 78.862 ASN dan pemerintah daerah sebanyak 493.634 ASN.

Formasi CASN pemerintah pusat sebanyak 28.903 untuk CPNS dan 49.959 untuk Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK). Sementara di pemda sebanyak 296.084 PPPK Guru, 154.724 PPPK Tenaga Kesehatan, dan 42.826 PPPK Teknis.

Terkait pengumuman dan cara cek formasi CPNS 2023 yang tersedia baru dapat diakses pada 16 September 2023. Sementara pendaftaran CPNS dan PPPK 2023 akan dibuka mulai 17 September hingga 6 Oktober 2023.

Nah, untuk mengecek formasi CPNS ini bisa dilakukan dengan dua cara, yaitu melalui situs SSCASN BKN dan instansi terkait. Simak langkahnya. Berikut cara cek formasi CPNS dan PPPK 2023 melalui laman resmi Sistem Seleksi Calon Aparatur Sipil Negara Badan Kepegawaian Negara (SSCASN BKN).

Buka website https://sscasn.bkn.go.id
Klik 'Info Lowongan' lalu Buka 'Simulasi Pemilihan' dan isi kolom sesuai dengan kebutuhan. Jenis Pengadaan: (CPNS). Instansi: (Disesuaikan dengan pilihan pendaftar) Tingkat Pendidikan: (Lulusan Terakhir). Pendidikan: (Jurusan). Setelah itu, klik tombol 'Cari', jika sudah, formasi yang dibuka akan muncul sesuai jurusan masing-masing.

Sementara untuk cara cek formasi CPNS 2023 di situs kementerian/lembaga. Selain dari laman resmi BKN, calon peserta juga dapat melakukan pengecekan formasi CPNS dan PPPK 2023 melalui laman masing-masing kementerian/lembaga.

Berikut daftar beberapa instansi dilengkapi tautan atau link untuk mengeceknya.

-Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham): https://cpns.kemenkumham.go.id/

-Kementerian Agama (Kemenag): https://casn.kemenag.go.id/

-Kejaksaan Agung (Kejagung): https://biropeg.kejaksaan.go.id/pengumuman/cpns
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

-(Kemendikbud): https://cpns.kemdikbud.go.id/
Mahkamah Agung (MA): https://rekrutmen.mahkamahagung.go.id/#alur-daftar

-Kementerian Perhubungan (Kemenhub): https://cpns.dephub.go.id/

-Kementerian Pertanian (Kementan): https://casn.pertanian.go.id/

-Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK): https://rekrutmen.kpk.go.id/cpns

-Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN): https://casn.brin.go.id/
(Dspp/kus/madiuntoday)