Mulai Kerjakan di Jalan Kompol Sunaryo, Pedestrian Jantung Kota Bakal Nyambung Satu dengan Lainnya




MADUN – Pedestrian di sisi barat Jalan Dr Soetomo sudah rampung dikerjakan. Biarpun begitu pembangunan pedestrian bukan berarti telah berakhir. Pemerintah Kota Madiun kembali meneruskan pembangunan pedestrian serupa di Jalan Kompol Sunaryo sisi selatan. Ya, pembangunan di titik tersebut akan menggabungkan pedestrian sebelumnya di Jalan Pahlawan dan Dr Soetomo.

‘’Ini sedang kita kerjakan yang di Jalan Kompol Sunaryo sisi selatan. Jadi pedestrian ini nanti nyambung semua,’’ kata Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Madiun Thariq Megah, Kamis (14/9).

Secara desain, pedestrian di titik itu tak jauh berbeda dengan titik lainnya. Pedestrian memang dibuat seragam. Yakni, memakai lantai bermotif batu alam juga memiliki jalur disabilitas. Nanti juga akan ditambahkan pohon dan payung serta kursi taman. Thariq menyebut dibagian bawah juga berfungsi sebagai saluran. Pun, dilebarkan dengan menggunakan box culvert. Selain untuk saluran, box culvert nantinya juga sebagai dukting kabel jalur bawah.

‘’Untuk panjangnya 179 meter sampai dengan kantor Polres Madiun Kota. Sedang lebarnya 3,3 meter,’’ jelasnya.

Pembangunan, lanjutnya, memang baru dimulai. Tepatnya, pada akhir Juli lalu. Tak heran, progres juga belum signifikan. Thariq menyebut progres pembangunan baru menyentuh 8,57 persen. Kendati begitu capaian itu sudah melebihi dari target rencana di angka 8,42 persen. Dia optimis pekerjaan akan rampung sesuai jadwal.

‘’Kontrak mulai 31 Juli kemarin dan rencananya sampai akhir November atau selama empat bulan,’’ pungkasnya. (ney/agi/madiuntoday)