Agar Lebih Disukai Anak-anak, Juragan Pecel Kembangkan Inovasi Permen Pecel




MADIUN – Kalau sambal pecel dicampur dengan sayur hijau dan nasi tentu sudah biasa. Tetapi kali ini beda. Sambal pecel dikombinasikan dengan gula dan kemudian dibentuk permen. Hmm, tentu ini sesuatu yang baru. Berangkat dari skripsi mahasiswa Widya Mandala, inovasi unik tersebut kemudian mulai dikenalkan kepada Juragan Pecel Kota Madiun, kelompok pedagang pecel di Kota Pendekar.

‘’Awalnya ide ini dari rekan kita di Wima, dari hasil skripsi tersebut juga pernah diujicobakan pada anak-anak dan 60 persen menyukainya,’’ kata Ketua Juragan Pecel Kota Madiun, Sutiknyo disela pelatihan pembuatan permen pecel di Rumah Dinas Wali Kota Madiun, Senin (25/9).

Dia dan kelompoknya mengaku tertarik mengembangkan permen pecel bukan hanya karena unik. Tetapi juga bisa menjadi sarana promosi untuk lebih mendekatkan pecel kepada anak-anak. Seperti diketahui, pecel saat ini lebih merupakan makanan orang dewasa. Melalui kemasan permen tersebut, Sutiknyo berharap anak-anak bisa mengenal sambal pecel sejak dini.

‘’Pecelkan identik dengan makanan orang dewasa ya. Tetapi kita juga ingin mengenalkan pada anak-anak. Salah satunya, melalui dengan permen pecel ini,’’ imbuhnya.

Sutiknyo menambahkan pembuatannya juga cukup mudah. Yakni, dengan memanaskan gula kemudian dicampur dengan sambal pecel dan dicetak. Namun, tentu juga dengan banyak kreasi. Soal kreasi diserahkan kepada pedagang pecel masing-masing. Pihaknya memang menggelar pelatihan kepada para pedagang kemudian dilombakan.

‘’Sementara ini memang baru uji coba, belum kita pasarkan,’’ pungkasnya sembari menyebut optimis permen pecel bisa laku ke depan. (ney/agi/madiuntoday)