Wujudkan Sinergi Kuat Tiga Pilar, Kelurahan Pangongangan Raih Anugerah Patriot Jawi Wetan 2023




MADIUN – Jalinan kerja sama yang kuat antar pemangku kepentingan dan masyarakat di wilayah Kelurahan Pangongangan mendapatkan apresiasi di tingkat Provinsi Jawa Timur. 20 September lalu mereka meraih Anugerah Patriot Jawi Wetan 2023 di Gedung Negara Grahadi.

Adapun Anugerah Patriot Jawi Wetan adalah penghargaan yang diselenggarakan oleh Harian Disway berkolaborasi dengan Pemerintah Provinsi Jatim, Kodam V Brawijaya, dan Polda Jatim. Dalam penghargaan tersebut, Kelurahan Pangongangan meraih juara kategori Inovasi Sinergi Antarlembaga.

‘’Alhamdulillah, tentunya kami tidak menyangka. Namun, kami berupaya menyajikan semua apa adanya kepada dewan juri,’’ ujar Lurah Pangongangan, Eva Anjarika Rahmawati saat ditemui di kantornya, Senin (25/9).

Menurut Eva, penghargaan ini tak lepas dari sinergi dan kolaborasi yang erat antara pihak kelurahan, babinsa, dan babinkamtibmas setempat. Yakni, Aiptu Suryadi dan Serda Yuliawan Susanto Utomo. Serta, organisasi masyarakat di wilayah Kelurahan Pangongangan. Di antaranya, KIM Pandan Arum, P2L, UMKM, Kader Kesehatan, Kader Lingkungan, Posyandu Lansia, Posyandu Balita, Karang Taruna, Perpustakaan Cerdas Arum, serta PKK setempat.

Selain pelayanan, pertahanan, serta keamanan dan ketertiban yang dilakukan secara optimal, inovasi juga menjadi poin tambahan dalam penilaian Anugerah Jawi Wetan yang diterima oleh Kelurahan Pangongangan.

Adapun inovasi tersebut adalah Tongkat Yauji. "Seperti tongkat biasa tapi bagian ujungnya melengkung," terang Aiptu Suryadi.

Menurut Suryadi, Tongkat Yauji berfungsi untuk menghalau kerusuhan warga. Misalnya, jika ada yang membawa senjata tajam. Maka, orang tersebut akan dihalau dengan tongkat agar tidak melukai yang lainnya.

"Selain itu juga berfungsi menghalau ODGJ yang mengamuk. Khususnya, yang punya penyakit kulit," imbuhnya.

Penghargaan inipun memberikan suntikan semangat bagi para pemangku kepentingan dan masyarakat di Kelurahan Pangongangan. Harapannya, bisa menjadi inspirasi juga bagi kelurahan lainnya di Kota Madiun. (Boy Slamet for Madiuntoday/irs/madiuntoday)