Gali Potensi Pertanian Non Padi, DKPP Ajak Petani Tanam Bawang Merah




MADIUN - Produk pertanian beragam jenisnya. Tak sedikit pula yang dapat dikembangkan di Kota Madiun. Salah satunya, bawang merah.

Hal ini seperti diungkapkan oleh Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kota Madiun, Totok Sugiarto saat diwawancarai di kantornya, Rabu (27/9).

"Kami berikan pelatihan kepada petani untuk menambah wawasan agar tidak fokus ke padi saja," ujarnya.

Pelatihan itupun memberikan hasil yang baik. Menurutnya, di lahan yang luasnya tidak sampai 1/2 hektare itu bisa menghasilkan bawang merah lebih dari satu ton.

Dengan hasil yang optimal itu, Totok berharap petani bisa mempertimbangkan lagi penggunaan lahan pertanian untuk ditanami tanaman yang lebih potensial dari padi.

Selain bawang merah, sebelumnya DKPP juga sudah menjajaki tanaman lain seperti cabai, sayuran, dan tanaman hortikultura. Ke depan, diharapkan semakin banyak potensi yang dapat digali untuk memenuhi kebutuhan masyarakat Kota Madiun.

Saat ini, hasil pelatihan bawang merah diproses untuk dijadikan bibit. Kemudian, segera dibagikan kepada petani dan masyarakat.

"Kita tunggu sampai musim kemarau selesai. Karena kalau cuacanya panas seperti ini kurang bagus untuk tanaman," tandasnya. (Ney/irs/madiuntoday)