Jajaki Bisnis Untuk Tingkatkan Pemberdayaan Masyarakat, Wali Kota Kunjungi Peternakan Kambing Etawa Di Sleman




MADIUN - Wali Kota Madiun Maidi menjajaki bisnis baru untuk meningkatkan perekonomian masyarakat. Yakni, peternakan kambing etawa yang menghasilkan susu perah.

Hal ini disampaikan oleh Wali Kota Maidi setelah menjalankan tugas dinas ke Yogyakarta pada Kamis (28/9).

"Dari Yogyakarta sampai Banyuwangi ada peternakan etawa. Tapi di Mataraman ini belum ada. Padahal banyak peternak produktif," ujarnya saat diwawancarai di kantor Kecamatan Kartoharjo pada Jumat (29/9).

Untuk itu, wali kota mendatangi langsung peternakan kambing etawa di Sleman Yogyakarta. Bisnis yang dikembangkan oleh Haryadin Mahardika bersama rekannya ini dijalankan dengan sistem Integrated Farm. Yakni, peternakan kambing perah yang terintegrasi dengan industri pengolahan susu kambing. Baik susu segar maupun dalam bentuk bubuk.

Menurut wali kota, bukan tak mungkin peternakan kambing perah seperti di Sleman tersebut diterapkan di Kota Madiun. Apalagi, masih ada sejumlah lahan kosong di Kota Madiun.

"Masih dijajaki, karena berpotensi menambah ekonomi kita," imbuhnya.

Lebih lanjut, wali kota mengungkapkan keunggulan susu kambing perah di peternakan Sleman ini. Salah satunya, segar dan tidak berbau. Sehingga, sangat nyaman dikonsumsi.

Ke depannya, kunjungan di Sleman akan ditindaklanjuti dengan beberapa pertemuan lanjutan.

"Kalau dibawa ke Kota Madiun, letaknya di mana, sharing sahamnya bagaimana. Lalu, pemberdayaan masyarakatnya seperti apa. Ini akan ditindaklanjuti,'' pungkasnya. (Ws Hendro/irs/madiuntoday)