Angkat Potensi Lokal, Budi Santosa Ciptakan Udeng Dari Batik Khas Kota Pendekar




MADIUN - Kota Madiun memiliki beragam corak batik yang khas dari masing-masing kelurahan. Ada batik Pecel, Pendekar, hingga yang bercorak flora seperti batik jeruk dari Kelurahan Demangan, batik melati dari Kelurahan Pangongangan, batik parang kenanga dari Kelurahan Winongo, dan masih banyak lagi.

Kekayaan seni batik khas Kota Madiun inipun dimanfaatkan oleh Budi Santosa -warga Jalan Setinggil Gang Salam, Kelurahan Demangan- untuk menciptakan buah tangan yang menarik bagi wisatawan. Yakni, udeng dengan corak berbagai batik khas Kota Madiun.

"Saya beli kain batik dari perajin batik di Kota Madiun. Lalu, saya bentuk menjadi udeng," ujar Budi saat ditemui di rumahnya, Rabu (27/9).

Pembuatan produk penutup kepala untuk laki-laki yang memanfaatkan batik ini bukan tanpa alasan. Budi pun bercerita pengalamannya saat umroh ke tanah suci pada Februari lalu.

"Saya iseng pakai udeng. Ternyata, banyak warga asing yang tertarik. Mereka penasaran dengan apa yang saya pakai," ungkap ketua RW di Kelurahan Demangan itu.

Dari peristiwa tersebut, Budi pun terinspirasi untuk membuat udeng khas Kota Madiun. Kegiatan itu dilakukannya mulai Maret 2023. Tak disangka, peminatnya cukup banyak. Bahkan, telah menjangkau hampir seluruh Indonesia. Salah satunya, Sulawesi.

Agar lebih mengangkat citra daerah, Budi menamai produknya dengan Udeng Ndoro Patih. Adapun Ndoro Patih atau Patih Gringsing merupakan tokoh panutan yang petilasannya ada di Kelurahan Demangan.

Saat ini, Budi mampu memproduksi 50-70 udeng setiap pekan. Pemasarannya dilakukan melalui media sosial seperti Instagram dan Facebook. Sedangkan untuk e-commerse masih akan dijajaki setelah dirinya mampu memproduksi lebih banyak.

Ke depan, Budi berharap bisa memberdayakan warga sekitar untuk pembuatan udeng. Dengan begitu, dapat mengangkat perekonomian masyarakat. Khususnya, di Kelurahan Demangan.

"Juga, bekerja sama dengan kelompok UMKM di PSC, dinas terkait, dan perajin udeng di masing-masing kelurahan agar Udeng Ndoro Patih semakin banyak coraknya dan dikenal masyarakat luas," tandasnya. (irs/madiuntoday)