Dua Kejadian Kebakaran Dalam Sehari, Petugas Damkar Imbau Masyarakat Waspada




MADIUN – Dua kejadian kebakaran terjadi dalam sehari di Kota Madiun, Senin (2/10). Pertama, kebakaran melahap toko alumunium di Jalan Diponegoro, Senin dini hari. Siangnya, kebakaran juga menghanguskan rumah kosong di Jalan Pesanggrahan IX. Atas kejadian itu, petugas Pemadam Kebakaran Kota Madiun mengimbau masyarakat untuk selalu waspada.

Dilansir dari Jawa Pos Radar Madiun, petugas setidaknya membutuhkan waktu 2,5 jam untuk memadamkan amukan si jago merah di lokasi pertama. Api diduga menyambar tabung gas karbit terlebih dahulu kemudian merambat ke sebuah mobil pikap yang terparkir di dalam. Kepanikan memuncak ketika terdengar suara letupan.

Puluhan petugas pun berjibaku memadamkan kobaran api. Setidaknya dibutuhkan empat unit mobil pemadam kebakaran (damkar) dalam proses pemadaman api tersebut. Maklum, barang-barang alumunium berikut bangunan semipermanen yang terbakar membuat kobaran api cepat membesar dan sulit dijinakkan. Tidak banyak yang mengetahui pasti penyebab kebakaran. Menurut saksi mata di tempat kejadian, api tahu-tahu sudah membakar sisi timur toko milik Yayuk tersebut.

Sementara di lokasi kedua, diduga api berasal dari pembakaran sampah yang merembet ke bangunan. Informasi yang dihimpun, ada warga setempat sedang membakar sampah di dekat rumah kosong tersebut. Kemudian, yang bersangkutan meninggalkan lokasi saat api belum padam. Diduga api yang masih menyala merembet sehingga membakar rumah milik Fitri itu.

‘’Sesuai keterangan dari warga, penyebabnya dari tumpukan sampah kering hingga merembet ke rumah karena tertiup angin. Kondisi lingkungan yang panas disertai angin memperbesar potensi kebarakan. Masyarakat harus waspada,’’ ujar Kasi Operasional dan Pengendalian Kentraman dan Ketertiban Masyarakat Satpol PP dan Damkar Kota Madiun Slamet. (ws hendro/agi/madiuntoday)