Kerennya Karya Dini Rahmawati, Mejeng di AKI, Dapat Order dari Menteri




MADIUN - Etnik, klasik, dan unik. Tiga kata itu cocok untuk menggambarkan produk karya Dini Rahmawati. Lewat Deweluxe, perempuan
yang berdomisili di Jalan Glatik, Kelurahan Nambangan Kidul itu sukses mengolah kain tenun menjadi sebuah tas, pakaian, hingga sepatu tenun nusantara yang memiliki nilai jual tinggi.

Kecintaannya dengan tenun membuatnya terjun ke bisnis yang sudah sembilan tahun digelutinya itu. “Awalnya iseng bikin tas. Saya suka yang berbau etnik gitu, bikin sendiri buat diri sendiri. Sampai ada temen yang lihat dan mereka pengen dibuatkan juga,” kenangnya.

Akhirnya, coba membuat tas dengan kain tenun hingga memilih resign dari pekerjaan awal untuk fokus berjualan. Dari keuletannya itu, baru-baru ini produknya mejeng di event besutan Kemenparekraf, yakni Apresiasi Kreasi Indonesia (AKI) yang digelar pada Juli lalu.

“Dari event AKI kita dapat orderan dari pak Menteri Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno. Beliau pesan polo shirt tenun pahikung,” jelasnya.

Tak hanya AKI, produknya juga mejeng di Inacraft acara tahunan dikalangan pengrajin handicraft dan pemerhati bidang kerajinan yang diselenggarakan oleh Asosiasi Eksportir dan Produsen Handicraft Indonesia (ASEPHI) pada tahun 2022 lalu.

“Gara-gara event itu dikenal banyak orang-orang penting. Ini juga lagi pengerjaan pesenan tas 60 untuk instansi,” ucapnya sembari mengatakan terjauh produknya dikirim ke Singapura dan Malaysia.

Diah mengatakan, produknya sudah terdaftar di Hak Atas Kekayaan Intelektual (HAKI). Menurutnya, yang membuatnya tetap bertahan adalah tetap berinovasi dan mampu meraba selera pasar.

“Kita terus berinovasi model terus. Juga harus bisa meraba selera pasar. Kalau ada orang yang minat dengan tenun dan sudah hobi, tiap ada koleksi baru pasti suka,” pungkasnya.
(WS Hendro/kus/madiuntoday)