Korban Dugaan Tenggelam Ditemukan Dalam Kondisi Meninggal, Ditemukan Penyelam Lokal Tujuh Meter di Bawah Permukaan




MADIUN – Korban dugaan tenggelam di Bengawan Madiun akhirnya ditemukan, Rabu (4/10). Revend Vernando (26) Warga Kelurahan Banyu Urip Kecamatan Sawahan Kota Surabaya yang diduga tenggelam tersebut ditemukan dalam kondisi meninggal dunia. Jasad korban ditemukan sekitar sepuluh meter dari lokasi tenggelam dengan kedalaman sekitar tujuh meter.

‘’Pencarian hari ini kita awali sekitar pukul 07.00 dan tadi juga dibantu dari masyarakat setempat hingga akhirnya korban ditemukan,’’ kata Dantim Basarnas Trenggalek Dian Susetyo Wibowo.

Pencarian hari kedua tersebut juga dilakukan dengan metode penyelaman dan manuver perahu karet. Dian menyebut ada tawaran bantuan dari masyarakat sekitar untuk membantu melakukan penyelaman. Yakni, Renoardi Wiranata warga Kelurahan Manguharjo. Reno pula yang kali pertama menemukan jasad korban di dasar bengawan.

‘’Setelah posisi korban ditemukan, bersama-sama kita lakukan evakuasi pengangkatan ke atas,’’ jelasnya sembari menyebut jasad korban ditemukan sekitar pukul 09.15.

Sementara itu, Renoardi menyebut setidaknya membutuhkan waktu setengah jam hingga korban ditemukan. Reno yang memang penyelam tersebut memulai pencarian di radius 20 meter dari titik tenggelam. Benar saja, jasad korban ternyata masih berada dalam radius tersebut. Jasad korban ditemukan dalam posisi telentang di atas batuan padas.

‘’Tadi muter dulu radius 20 meter ke kiri dan kenan. Lebih mengandalkan insting sebagai penyelam saja sih,’’ ungkapnya.

Kapolsek Jiwan AKP Gunawan menyebut jasad korban langsung dibawa ke RSUD Soedono Madiun untuk dilakukan pemeriksaan. Pihaknya belum dapat memastikan kematian korban. Termasuk apakah ada unsur kekerasan. Namun, dugaan awal kematian korban karena tenggelam.

‘’Untuk kepastian tentunya kita menunggu dari tim ahli yang melakukan pemeriksaan. Dugaan sementara karena tenggelam,’’ pungkasnya.

Seperti diberitakan, korban yang bekerja di salah satu café di Kota Madiun berniat bersantai di tepi sungai Bengawan Madiun, Selasa dini hari bersama sejumlah temannya. Korban bersama salah seorang temannya lantas memutuskan berenang. Naas, korban diduga tenggelam. Upaya teman korban menolong pun tak membuahkan hasil. (ney/agi/madiuntoday)