Sosok Pekerja Keras, Jam Kerja Wali Kota Maidi Selama Menjabat Setara ASN yang Bekerja 12 Tahun 3 Bulan



MADIUN – Wali Kota Madiun, Maidi memang sosok pekerja keras. Semua orang pastinya setuju. Perubahan Kota Madiun sejauh ini tentu tidak bisa dihasilkan hanya dari bekerja ala kadarnya. Baik perubahan fisik maupun beragam inovasi di berbagai bidang lainnya. Orang nomor satu di Kota Pendekar itu sering mengatakan kalau di Kota Madiun selalu mengedepankan hasil kerja, bukan jam kerja. 

‘’ASN di Pemerintah Kota Madiun sudah tidak lagi mengacu jam kerja, tetapi hasil kerja. Jam berapapun kalau memang harus dikerjakan ya harus diselesaikan saat itu juga,’’ kata wali kota. 

Sosok Wali Kota Maidi yang pekerja keras juga bisa dilihat dari kehadiran sang wali kota di tengah masyarakat. Wali Kota Maidi merupakan sosok pemimpin lapangan. Nyaris tidak pernah berkantor dari balik meja. Tetapi lebih banyak berada langsung di lokasi. Pun, tidak mengenal waktu. Wali Kota Maidi nyaris selalu ada agenda kegiatan dengan masyarakat saat pagi, siang, bahkan malam. Artinya, nyaris 24 jam waktu didedikasikan untuk bekerja memimpin Kota Madiun.

Salah satunya, terlihat pada saat agenda Wali Kota Bersama Rakyat (WBR). Kegiatan yang biasanya dimulai pagi itu ditutup dengan menginap di rumah warga paling kurang mampu di kelurahan yang dikunjungi. Wali kota biasanya baru meninggalkan lokasi menjelang subuh. 

‘’ASN itu pelayan masyarakat, jadi harus melayani bukan dilayani. Agar bisa melayani dengan baik, kita harus memahami apa keinginan yang dilayani. Salah satu caranya dengan meninjau langsung, bukan hanya sekedar katanya-katanya,’’ ungkap wali kota. 

Wali kota juga tak mengenal hari. Tetap padat agenda meski di hari libur. Bahkan, tetap bekerja saat kunjungan di luar negeri sekalipun. Kinerja Wali Kota Maidi bisa diartikan 24 jam sehari dan tujuh hari sepekan. Jika dihitung sejak pelantikan pada 29 April 2019 lalu hingga 31 Desember 2023 nanti, total jam kerja Wali Kota Maidi mencapai 23.896 jam. 

Sementara jam kerja normal Aparatur Sipil Negara (ASN) di Pemerintah Kota Madiun hanya 37,5 jam dalam sepekan. Total jam kerja wali kota jika dibagi jam kerja normal ASN ketemu 637,2 jam perminggu. Sedang, dalam satu tahun terdapat 52 minggu. Artinya, jam kerja Wali Kota Maidi selama menjabat di Kota Madiun setara dengan ASN yang bekerja selama 12 tahun 3 bulan. 

‘’Siapapun yang menebar kebaikan maka akan memanen kebahagiaan. Karenanya, dalam bekerja harus selalu mengedepankan prinsip kerja keras, kerja cerdas, dan kerja ikhlas,’’ pungkasnya. (vincent/agi/madiuntoday)