Agar Lebih Rapi Sekaligus Antisipasi Angin Kencang, Perkim Lakukan Pemangkasan Pohon




MADIUN – Kawasan Alun-alun Kota Madiun tengah bersolek. Pemerintah Kota Madiun tengah menambah ikon Monumen Nasional (Monas) di lapangan besar Kota Madiun tersebut. Mendukung itu, sejumlah pohon di Alun-alun juga dirapikan. Harapannya, unsur estetika di Alun-alun bisa semakin optimal.

‘’Kalau yang di kawasan Alun-alun itu dalam rangka perapian pohon untuk mengoptimalkan view tugu Monas yang sudah progres pengerjaan,’’ kata Kepala Bidang Prasarana Sarana dan Utilitas Ruang Terbuka Hijau, Penerangan Jalan Umum dan Pemakaman Dinas Perkim Kota Madiun Andi Anto, Rabu (4/10).

Perapian pohon di Alun-alun tersebut sudah berjalan dua hari terakhir. Selain itu, petugasnya juga keliling untuk melakukan perapian pohon tepi jalan. Setidaknya, pemangkasan pohon sudah berlangsung di sejumlah titik. Di antaranya, di Jalan Kompol Sunaryo, Diponegoro, Basuki Rahmat, Yos Sudarso, hingga Jalan Soekarno-Hatta. Pemangkasan pohon tepi jalan masih akan berlangsung di sejumlah titik.

‘’Kalau pemangkasan pohon tepi jalan itu selain perapian juga antisipasi pohon tumbang karena angin. Pohon yang terlalu tinggi hingga mengenai kabel listrik kita potong. Juga cabang-cabang ranting yang mengganggu,’’ jelasnya.

Andi menyebut petugas sudah menjadwalkan rutin pemangkasan pohon. Pun, setiap hari keliling untuk melakukan pemangkasan. Selain yang sudah terjadwal, pihaknya juga melakukan pemangkasan pohon dari permintaan masyarakat.

‘’Khusus untuk pemangkasan pohon, kita ada dua tim. Minimal kita lakukan pemangkasan di dua lokasi setiap harinya,’’ pungkasnya. (ney/agi/madiuntoday)