Tingkatkan Kreativitas Siswa, SMPN 4 Kota Madiun Gelar Pelatihan Membatik Pada Siswa




MADIUN - Sebanyak 510 siswa dan siswi SMPN 4 Kota Madiun mengikuti pelatihan membatik dengan berbagai berbagai macam teknik. Di antaranya teknik batik tulis, jumputan, hingga ciprat.

Menurut penuturan Kepala SMPN 4 Kota Madiun, M. Daru Wigyantoro mengatakan, kegiatan tersebut sebagai program pembelajaran lintas disiplin ilmu dalam mengamati dan memikirkan solusi terhadap permasalahan di lingkungan sekitar untuk menguatkan berbagai kompetensi dalam Profil Pelajar Pancasila atau P5.

“Untuk P5 tahun ini kita ambil tema membatik. Mulai dari pengenalan, sampai jadi. Ini di minggu ketiga banyak yang sudah siap jadi. Ada ciprat, tulis, jumputan,” terangnya, Rabu (11/10).

Lebih lanjut dirinya mengatakan, sekolahnya juga menggandeng pembatik lokal untuk pelatihan membatik kali ini. Tujuannya untuk mengangkat potensi pelaku UMKM lokal.

Setelah pelatihan ini, Daru mengatakan karya-karya dari siswanya bakal dipamerkan di acara gebyar karya siswa. Juga, tak menutup kemungkinan diikutkan di event-event pameran.

“Semoga dengan pelatihan ini siswa-siswa bisa mencintai warisan budaya dan juga bisa mengembangkan kreativitas yang dimiliki,” pungkasnya.
(Dspp/kus/madiuntoday)