Wali Kota Maidi Punya Enam Tanda Jasa, Mulai dari Bidang Pramuka Sampai dari Presiden Indonesia




MADIUN – Wali Kota Madiun, Maidi sudah memimpin Kota Pendekar selama 4,5 tahun terakhir. Di bawah kepemimpinan Wali Kota Maidi, Kota Madiun memiliki perubahan yang signifikan. Selain itu, juga banyak menerima penghargaan dan prestasi. Setidaknya sudah tercatat 278 penghargaan dan prestasi baik secara kelembagaan, perseorangan, dan prestasi masyarakat di bawah pembinaan Pemerintah Kota Madiun.

Di antara ratusan penghargaan dan prestasi tersebut, Wali Kota Maidi juga mengukir sejumlah tanda kehormatan. Setidaknya, sudah ada enam tanda penghargaan yang berhasil diraih. Nah, berikut enam tanda penghargaan yang pernah didapat mantan Sekda Kota Madiun tersebut.

1. Lencana Melati
Lencana ini merupakan tanda kehormatan di bidang Kepramukaan. Wali Kota Maidi selaku Ketua Majelis Pembimbing Cabang (Kamabicab) Kota Madiun mendapatkan Lencana Melati dari Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Budi Waseso pada 12 Agustus 2020 silam. Ini lencana pertama yang didapat saat menjadi wali kota.

2. Anugerah Manggala Karya Kencana
Wali Kota Maidi mendapatkan anugerah Manggala Karya Kencana (MKK) dari Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) pada 30 Juli 2021. Anugerah itu diberikan atas peran Wali Kota Maidi dalam mendukung dan memberikan perhatian tinggi akan kesehatan reproduksi dan KB di Kota Madiun. Baik program dan kebijakan Wali Kota Maidi terkait urusan KB hingga dalam kehidupan keluarga wali kota itu sendiri. Wali Kota Maidi dinilai sebagai pribadi yang dapat menjadi panutan keluarga berencana. Sementara terkait program kebijakan, Pemkot Madiun berhasil menekan laju pertumbuhan penduduk hingga terwujudnya keluarga yang berkualitas.

3. Anugerah ASN Achievement Award
Anugerah dari Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa ini juga berupa lencana tanda kehormatan. Lencana diberikan bersamaan dengan peringatan HUT ke-77 Provinsi Jawa Timur 12 Oktober 2022. Wali Kota Maidi mendapatkan anugerah sebagai Kepala Daerah peringkat Terbaik dengan predikat: Pengembangan Kompetensi Berbasis SDGs Transformatif. Penghargaan itu didapat atas inovasi, kolaborasi, dan inisiatif Wali Kota Maidi dalam menyelesaikan permasalahan kedaerahan. Seperti diketahui pada tahun-tahun itu tengah terjadi Pandemi Covid-19.

4. Anugerah Dwija Praja Nugraha
Anugerah Dwija Praja Nugraha (DPN) untuk Wali Kota Maidi ini didapat bersamaan dengan puncak peringatan Hari Ulang Tahun ke-77 PGRI dan Hari Guru Nasional pada 3 Desember 2022. Penghargaan ini diberikan Pengurus Besar PGRI atas komitmen, dedikasi, dan perhatian Wali Kota Maidi akan kemajuan pendidikan daerah. Prosesi penyerahan Anugerah DPN ini juga disaksikan Presiden RI, Joko Widodo. Wali Kota Maidi memang berangkat dari seorang pendidik. Pernah menjadi guru geografi di SMAN 1 Kota Madiun selama 13 tahun. Selain itu, Wali Kota Maidi juga pernah menjadi Pengurus PGRI pada 2000 sampai 2005 dan Ketua KORPRI pada 2009 sampai 2018. Sementara, untuk sejumlah inovasi Wali Kota Maidi di bidang pendidikan di antaranya, program laptop gratis, seragam dan ongkos jahit gratis, layanan internet gratis, bantuan beasiswa mahasiswa, dan lain sebagainya.
5. Tanda Jasa Kehormatan Satyalancana Wira Karya
Tanda jasa ini diberikan langsung Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo pada 6 Juli 2023. Tanda kehormatan ini merupakan kelanjutan dari anugerah Manggala Karya Kencana (MKK). Salah satu persyaratan mendapatkan tanda jasa kehormatan Satyalancana Wira Karya ini harus sudah mendapatkan anugerah MKK. Tanda jasa ini juga berkaitan dengan bidang Keluarga Berencana (KB). Seperti diketahui, Wali Kota Madiun Maidi dinilai berhasil menjalankan program KB di Kota Madiun. Angka kelahiran rata-rata pasangan di Kota Madiun hanya 1,7. Artinya, kebanyakan keluarga di Kota Madiun rata-rata memiliki satu sampai dua anak.

6. Anugerah Kota Layak Anak
Kota Madiun berhasil meraih penghargaan Kota Layak Anak (KLA) kategori Utama atau kategori tertinggi. Anugerah diberikan Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Bintang Puspayoga 22 Juli 2023. Nah, Wali Kota Maidi sebagai kepala daerah peraih KLA kategori utama juga mendapatkan lencana tanda jasa. Kota Madiun tidak hanya berhasil mempertahankan predikat Kota Layak Anak, tetapi juga berhasil meningkatkan capaian dari kategori Nindya menjadi kategori utama.

Nah, itu tadi enam tanda jasa yang berhasil diraih Wali Kota Madiun, Maidi dalam memimpin Kota Madiun sejak April 2019 lalu. Tanda jasa ini bukan sekedar prestasi tetapi juga bukti hasil kerja sang wali kota. (vincent/agi/madiuntoday)