Matangkan Persiapan ANBK, Dindik Gelar Gladi




MADIUN - Ujian nasional sudah berganti menjadi Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK). Guna mematangkan persiapan penyelenggaraan ANBK, Dindik Kota Madiun menggelar gladi.

Adapun gladi ANBK ini dilangsungkan pada 11-12 Oktober. "Pesertanya kelas V SD," ujar Kabid Kurikulum, Pembinaan Bahasa, dan Sastra Dindik Kota Madiun Slamet Hariyadi, Kamis (12/10).

Gladi tersebut guna menyiapkan berbagai aspek dalam pelaksanaan ANBK. Mulai dari manajemen tata laksana, perangkat dan jaringan, hingga peran dan tugas guru pengawas.

Hasil evaluasi dindik, secara umum Kota Madiun telah siap menggelar ANBK tahun ini. "Tata laksana lancar, internet juga lancar," sebut Slamet.

Lebih lanjut, ANBK bakal digelar pada 25-26 Oktober. Pada pelaksanaan tahun ketiga ini, output ANBK akan tetap menjadi pedoman pemetaan mutu sekolah.

Slamet optimistis Kota Madiun mampu mempertahankan standar di atas rata-rata provinsi dan nasional.

"Dari tahun pertama, kedua, ketiga, indikator literasi, numerasi, dan karakter serta survei lingkungan belajar di atas provinsi dan nasional," jelas Slamet.

Meskipun sudah berada di atas rata-rata provinsi, namun pihaknya tetap memberikan target. “Kita ingin mencapai target 95-100. Sementara saat ini baru 88-91,"pungkasnya.
(Dspp/kus/madiuntoday)