Mengenal Lebih Dekat FAKOM, Punya Program Unggulan Cukom With Sis Hingga Baskom untuk Atasi Permasalahan Remaja




MADIUN - Masa remaja merupakan masa yang berapi-api. Masa peralihan dari anak-anak menuju ke masa dewasa ini merupakan masa emas untuk membentuk karakter menjadi pribadi yang unggul di masa mendatang.

Salah satu cara untuk membentuk pribadi yang berkualitas itu adalah dengan mengikuti organisasi, misalnya Fakom atau Forum Anak Kota Madiun. Fakom merupakan wadah partisipasi anak untuk menampung aspirasi anak, yang di kelola oleh anak-anak berusia belum 18 tahun, bekerjasama dengan pemerintah, dan berperan memberikan masukan dalam proses perencanaan, pemantauan, serta evaluasi kebijakan program dan kegiatan pembangunan.

Menurut penuturan Titan Gading Satriaksa Ketua Fakom Masa Bhakti 2023-2025, pada tahun ini organisasi yang dipimpinnya itu punya program unggulan untuk mendukung perkembangan Fakom. Salah satunya yakni Suara Anak Kota Madiun yang selalu menjadi kegiatan tahunan.

“Untuk mendukung program tersebut, kami juga ada progam Cukom With Sis (Curhat Fakom With siswa sekolah) yaitu program yang tujuannya menampung curhatan dan aspirasi anak Kota Madiun,” terangnya.

Program tersebut bisa dilakukan via daring atau secara tatap muka. Tujuannya untuk mengetahui dan sebisa mungkin menjadi wadah atau jembatan bagi teman sebaya untuk mengatasi permasalahan yang dimiliki.

“Kami juga ada program Baskom yaitu Bincang Seru Bareng Fakom. Dengan 52 pengurus didampingi tiga pembina dari Dinas Sosial PP dan PA kami yakin bisa menjadi tempat untuk kita bertukar pikiran, informasi dan bekerjasama menyelesaikan masalah,” ungkapnya.

Di kepengurusan baru ini, siswa kelas 11 SMAN 5 Kota Madiun ini berharap kedepan lebih banyak masyarakat yang mengetahui keberadaan Forum Anak Kota Madiun khususnya anak-anak Kota Madiun sendiri.

“Pada dasarnya, kami sebagai Forum Anak memerlukan berbagai aspirasi, saran, masukan dari anak-anak Kota Madiun yang bisa kami bantu sampaikan kepada pemerintah kota,” pungkasnya.
(Rams/kus/madiuntoday)