Ular Jali Masuk Rumah Warga, Tim Jaga Satwa Bantu Evakuasi




MADIUN - Cuaca panas pada musim kemarau tahun ini turut memengaruhi perilaku satwa liar. Salah satunya ular. Hewan melata tersebut mencari area yang dingin seperti lubang air sebagai upaya pertahanan diri dari suhu panas.

Hal itu pula yang dilakukan oleh ular jali (ptyas mucocus) di salah satu rumah warga di Jalan Dharma Bakti, Kelurahan Mojorejo. Ular dengan panjang sekira 1 meter itu berlindung di dalam saluran air.

Khawatir hal-hal yang tidak diinginkan terjadi, warga pun memanggil tim Jaga Satwa Indonesia untuk mengevakuasi ular tersebut. Tak menunggu waktu lama, anggota tim langsung menuju lokasi. Meski begitu, proses evakuasi sempat mengalami kendala karena ular bersembunyi di ujung pipa paralon saluran air.

"Kami coba semprotkan bau-bauan seperti karbol untuk memancing ular keluar," ujar Kunanti, salah seorang anggota tim Jaga Satwa Indonesia, Jumat (13/10).

Cara lainnya juga dilakukan dengan mendorong ular dengan selang air. Namun, upaya itu belum membuahkan hasil. Setelah kurang lebih 3,5 jam, ular akhirnya berhasil dievakuasi setelah diguyur bensin.

"Bau bensin sangat menyengat dan tidak disukai ular. Begitu mencium baunya, dia langsung keluar," imbuhnya.

Dengan cekatan, tim Jaga Satwa Indonesia lantas menangkap ular dari dalam saluran air. Kemudian dibersihkan dari bau bensin dan dimasukkan ke dalam karung.

"Akan kami karantina dahulu kemudian diserahkan ke BKSDA," tandasnya. (irs/madiuntoday)