Terbanyak se-Jatim, 12 Sekolah di Kota Madium Raih Adiwiyata Mandiri dan Nasional, SMPN 14 Masuk 20 Terbaik Nasional




JAKARTA – Sekolah-sekolah di Kota Madiun kembali mengukir prestasi di tingkat nasional. Tak tanggung-tanggung, ada 12 sekolah di Kota Pendekar yang berhasil meraih predikat Sekolah Adiwiyata Mandiri dan Nasional. Capaian itu menjadikan Kota Madiun sebagai peraih predikat Adiwiyata terbanyak di Jawa Timur tahun ini. Menariknya, satu di antaranya berhasil masuk 20 terbaik nasional. Penghargaan itu diberikan di Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Selasa (17/10).

‘’Alhamdulillah, kita terima kasih sekali kepada semua sekolah. Ini bentuk keseriusan sekolah-sekolah di kota kita ya,’’ kata Wali Kota Madiun, Maidi.

Wali Kota Maidi memang serius dalam urusan lingkungan. Hal itu dibuktikan dengan diraihnya penghargaan Green Leadership Nirwasita Tantra yang juga dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan. Nirwasita Tantra merupakan penghargaan untuk kepala daerah atas kepemimpinanya dalam tas kepemimpinannya dalam merumuskan dan menerapkan kebijakan dan/atau program kerja sesuai dengan prinsip metodologi pembangunan berkelanjutan guna memperbaiki kualitas lingkungan hidup di daerahnya. Tak heran, Kota Madiun cukup banyak mendapatkan penghargaan yang berkaitan dengan lingkungan. Selain Adiwiyata, puluhan lokasi di Kota Madiun juga mendapatkan penghargaan Proklim.

‘’Kita sudah pernah mendapatkan Nirwasita Tantra, oleh karena itu, kota kita tidak diragukan lagi. semua lini termasuk sekolah Adiwiyata dan Proklim benar-benar baik semua. Jadi kita tidak pernah ragu biarpun dinilai dari pusat karena kita tidak main-main dan tidak mengada-ada,’’ ungkapnya.


Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Kota Madiun, Lismawati menyebut capaian 12 sekolah tersebut merupakan yang terbanyak se-Jawa Timur. Rinciannya, terdapat tujuh sekolah meraih predikat Adiwiyata Nasional dan lima sekolah meraih predikat Adiwiyata Mandiri. Yakni, SDN 01 Taman, SDN 01 Mojorejo, SDN 01 Josenan, SDN 05 Madiun Lor, SDN 01 Klegen, SDN Ngegong, dan SDN 02 Nambangan Lor yang mendapatkan Sekolah Adiwiyata Nasional 2023. Sedang, SMPN 14, SMPN 12, SMPN 9, SMPN 5, dan SDN Pilangbango berhasil mendapatkan predikat sekolah Adiwiyata Mandiri.⁣

‘’SMPN 14 Kota Madiun juga berhasil masuk 20 terbaik nasional. Dari Jawa Timur, SMPN 14 satu-satunya yang berhasil masuk 20 besar itu,’’ ujarnya. ⁣

Atas keberhasilan itu, SMPN 14 Kota Madiun juga mendapatkan apresiasi. Yakni, mendapatkan bantuan solar panel kit. Lismawati berharap capaian apik sekolah-sekolah di Kota Madiun tersebut bisa menjadi pelecut semangat sekolah lainnya. Hal itu penting untuk mendukung capaian pemerintah daerah khususnya dalam bidang pendidikan. ⁣

‘’Ini capaian yang luar biasa. Selain yang terbanyak di Jawa Timur, kita juga satu-satunya di Jawa Timur yang bisa masuk 20 terbaik,’’ pungkasnya. (vincent/agi/madiuntoday)