Gelar Pasukan Operasi Mantap Brata Semeru, Polres Madiun Kota Siagakan 475 Personil Amankan Jalannya Pemilu




MADIUN – Perhelatan Pileg dan Pilpres masih tahun depan. Kendati begitu kesiapan pengaman sudah dimulai dari sekarang. Apalagi, sejumlah tahapan pemilu juga sudah berjalan. Ratusan personil Polres Madiun Kota pun disiapkan untuk pengamanan pesta demokrasi tersebut di Kota Pendekar.

‘’Bahwa hari ini secara serentak di wilayah Jawa Timur bahkan di seluruh Indonesia melaksanakan gelar pasukan Operasi Mantap Brata dalam rangka kesiapan menghadapi pemilu 2024, kalau di Polres Madiun Kota sendiri tadi sudah kita laksanakan dan diakhiri dengan kegiatan Deklarasi Damai peserta pemilu di wilayah Madiun kota,’’ kata Kapolres Madiun Kota AKBP Agus Dwi Suryanto usai apel gelar pasukan Operasi Mantap Brata (OMB) Semeru 2023-2024 di lapangan Sat Brimob Polda Jatim Batalyon C Pelopor 2 Jalan Setia Budi Kota Madiun, Selasa (17/10).

Kapolres menambahkan pihaknya akan menyiagakan 2/3 kekuatan Polres Madiun Kota. Yakni, sejumlah 475 personil. Hal itu masih akan dibantu dari personil lain. Mulai dari TNI, Dishub, Satpol PP, hingga elemen masyarakat lainnya.

‘’Alhamdulillah untuk Madiun Kota sendiri indek kerawanannya masuk dalam kategori kurang rawan. Saat ini masih dalam posisi hijau dari indek kurang rawan, rawan, sangat rawan,’’ tegasnya.

Namun meski begiu, kapolres mengimbau untuk tidak lengah. Karenanya, kapolres mengajak semua yang terlibat untuk tidak menyepelekan potensi kerawanan sekecil apapun.

‘’Dalam hal ini kita masih di level kurang rawan artinya aman dan kondusif. Kita bersama-sama dengan stakeholder terkait baik TNI, Pemerintah Daerah dan unsur elemen masyarakat, kami mengajak dan menghimbau untuk tidak underestimate dalam menyikapi situasi aman kondusif ini. Kondisi yang sudah aman dan kondusif ini tetap harus kita pelihara,’’ imbuhnya.

Kapolres mengajak semua masyarakat untuk menyambut pesta demokrasi dengan gembira. Perbedaan pilihan merupakan hal biasa. Tetapi menjaga persatuan dan kesatuan merupakan kewajian setiap pribadi bangsa. Selesai apel gelar pasukan tersebut juga dilaksanakan deklarasi damai yang diikuti peserta Pemilu 2024 di wilayah Kota Madiun. Hal itu sebagai bentuk komitmen bersama untuk mewujudkan Pemilu Damai di Kota Madiun. (ws hendro/agi/madiuntoday).