Gerakan Aksi Bergizi di Sekolah Jadi Upaya Tekan Stunting dan Sosialisasi Kesehatan Pada Remaja




MADIUN - Sebanyak 320 siswa-siswi SMPN 8 Kota Madiun mengikuti gerakan Aksi Bergizi yang digelar di halaman sekolah yang ada di Jalan Pilang Mulya, Kelurahan Pilangbango Kota Madiun itu.

Kegiatan yang diikuti siswa-siswi kelas 7 dan 8 itu dimulai dengan aktifitas fisik berupa senam, sarapan bersama, hingga meminum tablet tambah darah khusus bagi remaja putri.

“Ini kegiatan kolaborasi dengan puskesmas. Tujuannya untuk memberikan edukasi terkait gizi yang seimbang untuk remaja,” terang Kepala SMPN 8 Kota Madiun, Nunuk Setyowati, Rabu (18/10).

Lebih lanjut Nunuk menjelaskan, pemberian tablet tambah darah bagi remaja putri juga sebagai salah satu upaya mengatasi anemia pada remaja putri.

“Seperti yang kita ketahui, anemia rentan terjadi pada remaja putri sehingga dengan pemberian suplemen tambah darah bisa membantu mencegah anemia,” ujarnya.

Kegiatan ini baru kali pertama dilakukan di sekolahnya, dirinya berharap dengan adanya kegiatan ini mampu mengedukasi siswa-siswi untuk bisa menerapkan pola hidup sehat dan makan dengan gizi seimbang.

“Dengan pola hidup sehat dan gizi seimbang maka bisa mendukung lahirnya generasi emas,” pungkasnya.
(Ney/kus/madiuntoday)