Serunya Belajar Alat Transportasi Langsung dari Pabriknya




MADIUN - Ekspresi penuh antusias dan sumringah terlihat dari wajah siswa-siswi kelas 4 SDN Banjarejo Kota Madiun. Ya, mereka tengah mengikuti outdoor learning di salah satu lokasi yang masih jadi satu dengan pabrik pembuatan kereta api yang ada di Kota Madiun, yaitu PT INKA.

Tepatnya mereka belajar tentang sejarah, pembuatan, hingga jenis-jenis kereta api di Kafe Arum Dalu. Meskipun hanya melihat miniatur dan gerbong yang difungsikan sebagai tempat makan, namun tak mengurangi minat mereka untuk belajar tentang sejarah tentang perkeretaapian.

“Seru sekali bisa tahu sejarahnya kereta api dari film, terus lihat jenis-jenis kereta api. Senang, ini pengalaman baru,” aku Nagita siswi kelas 4B.

Sementara itu, Wali Kelas 4A yang juga selaku koordinator outdoor learning, Yeni Yudha mengatakan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk menyesuaikan tema pembelajaran yang ada.

“Ini temanya alat transportasi, karena sesuai makannya kami ajak kesini untuk belajar sejarah kereta api. Mereka bisa belajar langsung disini dan juga menambah pengalaman,” ucapnya.

Setelah berkeliling, lanjutnya, mereka akan mengisi lembar kerja yang berisi materi seputar perkeretaapian. “Harapannya wawasan mereka lebih bertambah dan mereka juga bisa ikut bangga kalau di kota tempat tinggalnya ada tempat pembuatan kereta api yang sudah di ekspor hingga ke berbagai negara,” pungkasnya.
(Rams/kus/madiuntoday)