Dorong Penghobi Koi, MUKC Gelar Keeping Contest, Pemenang Diumumkan Enam Bulan ke Depan




MADIUN - Pecinta ikan koi di Kota Madiun memang tidak ada habisnya. Bahkan, berbagai kegiatan terus mengemuka. Terbaru, Madiun Ulam Koi Community (MUKC) kembali menggelar Keeping Contest, Minggu (22/10) malam. Keeping Contest kali keempat yang berlangsung di angkringan AE88 Pilangbango Kota Madiun itu setidaknya diikuti sebanyak 45 ekor. Biarpun kontes skala kecil, kegiatan diikuti pecinta koi dari berbagai daerah sekitar. Di antaranya, Ponorogo, Magetan, dan Ngawi.

"Kegiatan ini bertujuan untuk melatih dan mengasah kemampuan para penghobi untuk mengeluarkan potensi ikan koi jenis showa sehingga bisa meningkatkan value atau harga ikan," kata Ardian, ketua panitia.

Ya, dalam Keeping Contest tersebut memang hanya mengadu ikan koi jenis Showa. Yaitu, salah satu jenis ikan koi dengan pola dan tiga warna yaitu merah, putih dan hitam. Pemiliki, kata Ardian, wajib memelihara dengan baik ikan yang didaftarkan lomba tersebut setidaknya selama enam bulan ke depan. Setelahnya, akan dinilai kembali. Artinya, kontes ini memang berfokus pada cara pemilik dalam merawat ikan koinya.

"Memelihara ikan Koi tak sekadar memelihara ikan hias. Mengapa demikian? Sebab ikan koi memiliki keunggulan dan keistimewaan tersendiri. Perawatannya juga tak mudah. Dengan kontes ini harapan kami pemilik semakin tertantang dalam memelihara koinya," jelas pria yang juga biasa dipanggil Ndemo tersebut.

Sementara itu, Koh Andri, salah seorang pecinta Koi mengaku salut pada MUKC yang rutin menggelar kegiatan setiap tahun. Pemilik Arena Koi tersebut berharap Keeping Contest di Madiun itu bisa menghasilkan ikan Koi yang berkualitas juga bisa mempererat tali silaturrahmi dengan sesama anggota komunitas dan pecinta koi. (MUKC/agi/madiuntoday)