Madiun Kota Setara! Dinas Kominfo Fasilitasi Keyboard Braille Agar Difabel Mudah Akses Informasi




MADIUN - Tak ada kata cukup bagi Pemkot Madiun dalam menyejahterakan warga secara merata. Pasalnya, warga berkebutuhan khusus juga diberikan hak yang setara. Karena itu, pemkot berkomitmen mewujudkan fasilitas publik yang ramah untuk semua kalangan.

Salah satunya seperti yang dilakukan Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Madiun. Dinas setempat menyediakan keyboard braille khusus bagi penyandang tuna netra.

Bentuknya tak beda dengan laptop pada umumnya, namun dilengkapi dengan papan tik atau keyboard braille yang merupakan sebuah pelindung keyboard yang dimodifikasi sehingga memiliki simbol braille di atasnya.

Keberadaan keyboard braille itu difungsikan untuk memudahkan para penyandang tuna netra dalam mengakses informasi publik. Untuk sementara bagi masyarakat yang ingin mengakses bisa datang di kantor dinas setempat.

Tak hanya itu, untuk memudahkan pelayanan keterbukaan informasi, dinas setempat juga telah mengembangkan website ramah disabilitas yang bisa diakses melalui ppid.madiunkota.go.id.

Hal tersebut mendapat apresiasi dari Komisi Informasi (KI) Provinsi Jawa Timur. Melalui Ahmad Nur Aminuddin dari Komisi Informasi Provinsi Jatim bidang penyelesaian sengketa informasi, dirinya mengatakan apa yang dilakukan oleh Dinas Kominfo sudah sesuai aturan undang-undang.

“Kota Madiun luar biasa menyesuaikan SOP. Dimana penyediaan layanan untuk tunarungu disediakan, pro disabilitas,” ujarnya seusai monev keterbukaan informasi, Senin (23/10).

Kota Madiun, imbuhnya, sudah tiga kali berturut-turut menjadi badan publik informatif. Mestinya, lanjut Ahmad, bisa menjadi juara di tingkat nasional. Apalagi didukung dengan kelengkapan fasilitas bagi para penyandang disabilitas.

Pihaknya berharap, fasilitas yang diberikan oleh Dinas Kominfo ini mampu menunjang keterbukaan informasi dan bisa dimanfaatkan secara menyeluruh oleh masyarakat.
(Ney/kus/madiuntoday)