Delapan RW Raih Penghargaan ProKlim Tahun Ini, Wali Kota Maidi Raih Piagam Apresiasi Pembinaan Lagi




JAKARTA – Wali Kota Madiun, Maidi kembali mengukir prestasi di bidang Lingkungan Hidup. Orang nomor satu di Kota Pendekar tersebut kembali mendapat piagam apresiasi pembinaan Program Kampung Iklim (ProKlim) tingkat kota. Piagam apresiasi tersebut pernah diraih Wali Kota Maidi pada tahun lalu. Sebelumnya, Wali Kota Maidi juga mendapatkan penghargaan Pembina ProKlim terbaik tingkat Jawa Timur pada September lalu.

Artinya, Mantan Sekda Kota Madiun itu sudah dua kali mendapatkan piagam apresiasi pembinaan ProKlim dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK). Piagam apresiasi diterima Wali Kota Maidi dari Menteri LHK Siti Nurbaya Bakar di Auditorium DR. Soedjarwo Gedung Manggala Wanabakti KLHK, Senayan, Jakarta, Selasa (24/10).

Diraihnya piagam apresiasi itu tak terlepas dari peran Wali Kota Maidi dalam mendorong lingkungan di Kota Madiun untuk mewujudkan ProKlim. Setidaknya, terdapat delapan lingkungan tingkat RW yang mendapatkan penghargaan ProKlim tahun ini. Baik berupa Trophy ProKlim Lestari, Trophy ProKlim Utama, maupun Sertifikat ProKlim Utama.

Satu RW yang berhasil mendapatkan Trophy ProKlim Lestari yaitu RW 11 Kelurahan Taman. Sedang, Trophy ProKlim Utama diraih RW 03 Kelurahan Sogaten. Selanjutnya, ada enam RW lainnya yang mendapatkan Sertifikat ProKlim Utama. Yakni, RW 02 Kelurahan Tawangrejo, RW 03 Kelurahan Nambangan Kidul, RW 14 Kelurahan Nambangan Lor, RW 04 Kelurahan Ngegong, RW 09 Kelurahan Kejuron, dan RW 04 Kelurahan Kuncen.

Di Kota Madiun, total sudah ada 26 lingkungan RW yang sudah mendapat penghargaan ProKlim sejak 2020 lalu. Penghargaan berupa sertifikat maupun tropi. Rinciannya, satu Trophy ProKlim Lestari, lima Trophy ProKlim Utama, dan 20 Sertifikat ProKlim Utama. Wali Kota Madiun, Maidi pun menyampaikan apresiasinya kepada seluruh masyarakat lingkungan RW yang telah mendapatkan penghargaan. ProKlim memang program pemerintah pusat untuk meningakatkan partisipasi masyarakat dalam pengendalian perubahan iklim.

‘’Ini luar biasa ya. Hari ini ada delapan RW yang dapat penghargaan Proklim, dan saya sebagai wali kota juga mendapatkan piagam apresiasi pembinaan ProKlim. Ini merupakan capaian kita bersama,’’ kata wali kota.

Wali kota menyebut pengendalian perubahan iklim di Kota Madiun sudah cukup bagus. Urusan lingkungan ini memang tidak hanya permasalahan lokal. Tetapi sudah menjadi isu dunia. Karenanya, diperlukan partisipasi semua pihak untuk pengendalian perubahan iklim tersebut. Wali kota berharap apa yang telah diraih bisa terus ditingkatkan.

‘’RW yang mendapat penghargaan ProKlim harus terus bertambah. Ini bukan untuk mendapat penghargaan, tetapi ini untuk menjaga lingkungan kita agar tetap lestari,’’ pungkasnya. (ws hendro/agi/madiuntoday)