Lolos Seleksi IKRA 2023, Kiyoshi Ecoprint Asal Kota Madiun Mejeng Di JCC Senayan




MADIUN – Produk UMKM asal Kota Madiun semakin diperhitungkan. Salah satunya, dalam seleksi pameran Industri Kreatif Syariah Indonesia (IKRA). Produk kerajinan tangan asal Kota Madiun, Kiyoshi Ecoprint, berhasil lolos menjadi satu di antara 98 peserta UKM fashion dari seluruh Indonesia untuk tampil dalam pameran IKRA 2023 di Jakarta Convention Center, Senayan pada 25-29 Oktober 2023.

Adalah Sri Wahyuni Mujiastuti, perempuan bertangan dingin dibalik kesuksesan Kiyoshi Ecoprint. Produk kerajinan batik yang memanfaatkan bahan pewarna alami itu telah ditekuninya sejak 2018. ‘’Saya senang ada kain yang tidak menggunakan pewarna kimia. Menurut saya, ini akan sangat bagus untuk masa depan karena tidak ada pencemaran lingkungan. Sejak itu saya coba tekuni ecoprint,’’ ujarnya saat diwawancarai melalui aplikasi chat Whatsapp, Selasa (24/10).

Yuni, sapaan akrab Sri Wahyuni Mujiastuti, lantas semakin tekun mendalami kerajinan ecoprint. Kursus desainer ecoprint telah dia jalani sejak 2022 dan lulus Februari 2023 lalu. Juga, menjadi anggota Ikatan Designer Ecoprint Indonesia (IDEI).

Saat mengetahui ada seleksi IKRA, warga Jalan Aneka Sari Nomor 4, Kelurahan Rejomulyo itupun menjajal peruntungan. Sejumlah persyaratan pun dia siapkan. Mulai dari profil usaha, foto produk, Nomor Induk Berusaha (NIB), sertifikat merk rencana usaha, hingga desain baju dan produk lainnya yang akan dipaparkan di hadapan dewan juri.

Tak disangka, Kiyoshi Ecoprint berhasil lolos seleksi administrasi. Tahap selanjutnya, Yuni mengikuti seleksi offline wilayah Jawa di Hotel Double Tree Surabaya dengan Kurator Desainer Itang Yunasz, Ali Charisma, dan perwakilan Bank Indonesia.

‘’Hampir tidak ada kendala selama proses seleksi. Hanya saja waktunya mepet antara pengumuman dan jadwal seleksi berikutnya. Saya pun pasrah,’’ tuturnya.

Hasil pun tidak mengkhianati usaha. Kiyoshi Ecoprint berhasil mejeng di JCC Senayan hari ini (25/10).

Adapun dalam pameran tersebut Yuni menyiapkan sejumlah produk premium Kiyoshi Ecoprint yang dapat diterima dan masuk untuk pasar luar negeri. Di antaranya, kemeja, outer, gamis sutra, tas kulit, tas kulit mix anyaman rotan, tas kulit mix anyaman pandan, sepatu dari kulit domba, dan semua produk dari bahan kain dan kulit di Kiyoshi Ecoprint yang ramah lingkungan. Serta, sesuai dengan konsep sustainable fashion.

‘’Seluruh produk ini tidak hanya menggunakan satu teknik saja. Ada puluhan teknik yang saya terapkan dari kursus yang saya ikuti melalui online maupun offline dan beberapa guru ecoprint nasional,’’ paparnya.

Meski baru pertama kali mengikuti pameran IKRA, Kiyoshi Ecoprint telah mengantongi sejumlah prestasi sebelumnya. Antara lain, juara UKM kreatif dari Grab Juragan Express pada 2021 dan masuk 20 kelompok terbaik Pertamina Foundation 2022.

Melalui IKRA 2023 ini, Yuni berharap produknya bisa semakin dikenal. Serta, mampu memasuki pasar internasional yang sebelumnya juga sudah pernah mengirimkan sampel produk ke Belanda, Australia, Mauritius, dan mengikuti pameran di Nairobi pada 2022.

‘’Harapannya bisa meningkatkan penjualan dan menambah ilmu,’’ tandasnya. (istimewa/irs/madiuntoday)