Pastikan Stok Dan Harga Sembako Aman, Polresta Gelar Sidak Di PBM




MADIUN - Polres Madiun Kota sebagai bagian dari tim satgas pangan langsung menindaklanjuti upaya menjaga harga dan stok bahan kebutuhan pokok tetap aman di pasaran.

Karenanya, korps baju coklat tersebut menggelar pemantauan di Pasar Besar Madiun pada Kamis (26/10). Dipimpin langsung oleh Kapolres Madiun Kota AKBP Agus Dwi Suryanto, tim Polresta didampingi oleh Kepala Dinas Perdagangan Kota Madiun Anshar Rasidi dan jajarannya berkeliling pasar dan berdialog dengan sejumlah pedagang.

"Kami ingin memastikan bahwa sembako di Kota Madiun tidak ada kendala. Baik harga maupun stok," ujar Agus.

Menurut Agus, sejumlah bahan kebutuhan pokok memang mengalami kenaikan harga. Seperti beras, cabai, dan gula. Meski begitu, stoknya masih tergolong aman.

"Kenaikan harga juga tidak signifikan sehingga belum timbul keluhan bagi pedagang maupun pembeli," imbuhnya.

Lebih lanjut, Agus mengatakan bahwa pihak kepolisian akan terus memantau ketersediaan dan harga sembako. Serta, memastikan tidak ada kenaikan harga karena kelangkaan akibat penimbunan barang.

"Jika ditemukan ada penimbunan, maka akan kami proses secara hukum," tegasnya.

Sementara itu, Anshar menjelaskan bahwa kenaikan harga cabai dikarenakan cuaca panas sehingga panen kurang maksimal. Bahkan, saat ini harganya mencapai Rp 60 ribu per kilogram. Sedangkan, gula pasir naik dari Rp 14 ribu menjadi Rp 15 ribu.

"Kami terus berkoordinasi dengan daerah penghasil bahan kebutuhan pokok, juga BUMD dan PPI untuk terus memasok barang ke Kota Madiun," tandasnya. (Ws Hendro/irs/madiuntoday)