Masuk Nominasi Award Peduli Ketahanan Pangan, Tim Penilai Gelar Verlap




MADIUN - Kota Madiun masuk nominasi award peduli ketahanan pangan (PKP) tingkat Jawa Timur. Hal itu diketahui setelah tim penilai melakukan verifikasi lapangan dengan berkeliling ke beberapa lokasi di Kota Pendekar.

Lokasi tersebut di antaranya Wartek (Warung Tekan Inflasi) yang ada di Jalan Merpati, Ngrowo Bening, dan Pari Mandiri Kelurahan Manisrejo.

Menurut Ketua Tim Penilai dari Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Pemprov Jatim R. Bagus Adhirasa, kinerja ketahanan pangan di Kota Madiun bisa mendapatkan award.

Sebab, berbagai terobosan ketahanan pangan yang dilakukan di Kota Madiun dinilai baik, apalagi mengingat di tengah keterbatasan lahan ternyata Kota Pendekar mampu mengomptimalkan kekurangan tersebut.

“Kota Madiun punya prospek untuk menang. Sebab setelah mencermati penjelasan pak wali sangat bagus. Menghidupkan lahan mati dan pengendalian harga pangan stabil,” ucapnya, Jumat (27/10).

Sementara itu terkait P2L, keberadaanya sudah merata di tiap RT/RW yang ada di seluruh kelurahan di Kota Madiun. Masyarakat, diberi kesempatan untuk menanam tanaman pangan dan mengolahnya sehingga bisa digunakan untuk menambah income.

“Menurut kami itu sangat inovatif karena mampu mengoptimalkan sumber daya yang dimiliki,” ungkapnya.

Untuk diketahui, Sebagai informasi, Kota Madiun menjadi salah satu dari empat kota di Jawa Timur yang masuk tahap verifikasi lapangan Award Peduli Ketahanan Pangan tahun 2023. Selain itu, ada Kota Blitar, Kota Mojokerto, dan Kota Probolinggo.
(Ney/kus/madiuntoday)