Bikin Bangga! Karya Siswi SMKN 4 Kota Madiun Ini Tampil di Event Internasional IN2MF




MADIUN - Siapa sangka karya pelajar SMKN 4 Kota Madiun ini tampil di event internasional yang bertajuk Indonesia International Modest Fashion Festival (IN2MF) yang digelar di Plenary Hall Jakarta Convention Center (JCC) Senayan, Jakarta pada 27 Oktober lalu.

Karya dari siswi-siswi kelas XII Desain dan Produksi Busana SMKN 4 itu, diparadekan bersama 174 desainer lokal dan internasinal kenamaan. Setidaknya, 8 desain busana muslim dipamerkan dengan mengusung tema unggulan sekolah tersebut, yakni jumprat (jumputan dan ciprat).

“Kami punya mitra desainer Pak Agus Sunandar, dari beliau kita diusulkan untuk ikut ajang tersebut. Kami kirim 8 desain, dikurasi kemudian lolos. Di Jawa Timur hanya 3 SMK yang lolos ikut IN2MF,” terang Herwin Yulistiyowati selaku Ketua Program Keahlian Desain dan Produksi Busana SMKN 4.

Waktu yang dibutuhkan untuk mempersiapkan event ini tak banyak. Herwin menceritakan, hanya butuh satu minggu untuk menyelesaikan delapan desain. Total pengerjaan diselesaikan oleh tiga desainer dan 13 anak yang menyelesaikan produksi.

Di antaranya adalah Nanta Dwi Prameswari, Talitha Rakha Salsabila, dan Karisma Anisa Putri sebagai desainer yang juga merangkap untuk menjahit baju. “Semua desain dan produksi pure dilakukan oleh siswa-siswi kami. Ini merupakan sebuah kebanggan tentunya,” imbuhnya.

Herwin mengatakan, banyak respon positif setelah karya siswa-siswinya bisa tampil di event internasional itu. “Banyak yang bilang karya kita keren, cuma mungkin belum ada buyer yang melirik. Kita masih terus butuh dukungan dan banyak pengalaman untuk ikut event serupa,” akunya.

Untuk memotivasi siswa-siswinya dalam berkarya, Herwin mengatakan bakal rajin mengikutkan anak didiknya di berbagai event lainnya. Dirinya mengungkapkan bakal ikut serta dalam ajang Jogja Fashion Week tahun depan.

“Semakin sering ikut pameran, semakin banyak pengalaman sekaligus sebagai ajang promosi. Tentunya kami butuh dukungan semua pihak untuk bisa memperkenalkan karya anak didik kami,” pungkasnya.
(istimewa/kus/madiuntoday)