Hadirkan Inovasi Layanan Perpustakaan, Petugas Pustaka SDN 01 Nambangan Lor Raih Penghargaan Tingkat Provinsi




MADIUN - Erdha Oktaviari sungguh tidak menyangka. Usahanya untuk membuat kinerja di perpustaan SDN 01 Nambangan Lor semakin efektif dan efisien rupanya diganjar penghargaan tingkat Provinsi Jawa Timur.

Hal ini disampaikan oleh tenaga Perpustakaan SDN 01 Nambangan Lor itu saat tim Madiuntoday berkunjung ke sekolah, Jumat (3/11). 1 November lalu, Erdha baru saja mendapatkan apresiasi Juara 2 Kategori Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Inovatif - Penjaga Perpustakaan Sekolah dari penilaian yang dilakukan oleh Balai Besar Guru Penggerak (BBGP) Jawa Timur.

"Tentunya tidak menyangka. Apalagi, persiapan ikut lombanya juga mepet," ujarnya.

Meski begitu, Erdha mengaku senang bisa menghasilkan prestasi. Sehingga, memacunya untuk terus berinovasi dan membuahkan penghargaan lainnya.

Adapun dalam penilaian tersebut, Erdha mengajukan aplikasi Layanan Pustaka yang digunakannya untuk mempermudah pekerjaan. Aplikasi ini berguna untuk meng-input katalog buku baru di perpustakaan sekolah.

"Kalau ada aplikasi ini, kita bisa input buku dari mana saja. Tidak harus di komputer perpustakaan sekolah," jelasnya.

Meski begitu, aplikasi langsung terhubung dengan komputer online public access catalogue (OPAC). Dengan begitu, buku yang sudah di-input dalam aplikasi Layanan Pustaka bisa langsung diakses di komputer perpustakaan sekolah.

Lebih lanjut, Erdha mengungkapkan bahwa dirinya tidak sendirian dalam membangun aplikasi Layanan Pustaka. Dia mendapatkan bantuan dari salah satu alumni sekolah yang paham IT dan pembuatan aplikasi.

Ke depan, Erdha ingin mengembangkan aplikasi Layanan Pustaka agar bisa diakses melalui ponsel siswa. Dengan begitu, diharapkan bisa meningkatkan minat baca anak-anak.

"Harapannya, perpustakaan bisa semakin ramai dan buku-buku ini memberikan manfaat untuk anak-anak," tandasnya. (Ney/irs/madiuntoday)