Stok Darah Menipis, PMI Kota Madiun Imbau Warga Agar Lakukan Donor Darah




MADIUN - Stok darah di Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Madiun menipis. Hal itu diketahui dari instagram @ uddpmikotamadiun yang diunggah pada Kamis (2/11) kemarin. Dalam poster yang diunggah mengatakan bahwa agar pendonor golongan darah A,B,O untuk segera merapat karena stok menipis.

Hal tersebut dibenarkan oleh Kepala Pelayanan UDD PMI Kota Madiun, Dwi Santoso. “Kondisi ini memang menipis. Idealnya per hari ada 50 kantong, kecuali golongan darah AB 25 kantong sudah cukup,” ungkapnya, Jumat (3/11).

Menurutnya, ada beberapa penyebab menipisnya stok. Salah satunya yakni karena ada problem pada sistem WA Gateway. Dimana sistem tersebut memungkinkan pendonor untuk mendapatkan notifikasi jadwal donor.

“Biasanya pendonor dapat notifikasi waktunya donor, karena ada problem jadinya tidak mendapatkan notifikasi waktu donor,” ujarnya.

Terkait masalah tersebut, pihaknya sudah berupaya untuk melakukan perbaikan sistem. Juga sudah membuat imbauan melalui media sosial dan koordinasi dengan instansi terkait atau komunitas donor.

“Kami juga mengimbau kepada masyarakat ayo donor darah. Bagi yang ingin mendonorkan darahnya silahkan bisa langsung datang ke unit transfusi darah PMI Kota Madiun yang ada di Jalan Bali no 41. Jam buka pelayanan mulai pukul 07.00-21.00,” tutupnya.
(Dspp/kus/madiuntoday)