Replika Kereta Cepat Bogowonto Mulai Dipasang, Besok Lanjut Pemasangan Lantai dan Interior




MADIUN – Gerbong replika kereta cepat di kawasan Bogowonto Culinary Center (BCC) mulai dipasang, Senin (6/11) malam. Gerbong yang dibuat di bengkel kawasan Caruban tersebut sudah mulai dipasang mulai pukul 19.30. Pemasangan ditarget selesai malam ini.

‘’Paling nanti sebelum jam 23.00 dijadwalkan sudah selesai,’’ kata Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Madiun, Thoriq Megah.

Thariq menambahkan gerbong yang di pasang ini baru sebatas bodi kereta. Artinya, belum termasuk interiornya. Hal itu sengaja karena pemasangan gerbong dengan interior akan menyulitkan karena pemasangan replika kereta cepat itu berada di ketinggian. Ya, replika kereta cepat sepanjang 28 meter tersebut memang berada di atas ketinggian lima meter.

‘’Besok mulai pembuatan lantai dan interiornya,’’ imbuhnya.

Dia menambahkan penyempurnaan kawasan BCC tersebut masuk dalam paket pekerjaan bangunan pelengkap Jalan Agus Salim. Pembuatan replika kereta tersebut merupakan item utamanya. Replika kereta cepat Indonesia itu yang nantinya akan digunakan untuk wisata kuliner. Meski replika, kereta berskala 1:1. Pun, memiliki lebar 3,5 meter. Proyek tersebut dianggarkan sekitar Rp 1,9 miliar.

Seperti diketahui, konsep pembangunan replika kereta cepat Indonesia itu tidak berada di bawah seperti kereta pada umumnya. Melainkan di atas permukaan jalan secara melintang setinggi lima meter. Selain penyempurnaan, hadirnya replika kereta tersebut juga akan menambah estetika tempat kuliner di Bogowonto.

‘’Memang kita jadwalkan awal November sudah bisa mulai dipasang. Artinya, ini sesuai progres,’’ tambahnya.

Hadirnya replika kereta cepat itu tak terlepas dari pembangunan sebelumnya. Seperti diketahui kawasan Bogowonto merupakan kawasan kuliner dalam kereta. Sudah ada sejumlah gerbong dan lokomotif yang digunakan untuk berwisata kuliner. Nah, penyempurnaan dilakukan dengan menambahkan replika kereta cepat.

‘’Ini akan menarik karena menyajikan nuansa kuliner dari dalam kereta di ketinggian,’’ pungkasnya. (ney/agi/madiuntoday)