Tutup Permanen 15 November Nanti, Transmart Pamit




MADIUN - Salah satu jaringan hipermarket, Transmart, akan segera hengkang dari Kota Madiun.

Pengumuman ini disampaikan oleh PT Kelola Tama Properti selaku pengelola Transmart di Kota Madiun.

Dalam pengumuman yang diletakkan di dalam pusat grosir tersebut, disampaikan bahwa Transmart akan tutup permanen 15 November mendatang.

"Terima kasih telah berbelanja di toko kami," tulis pengelola dalam pengumuman tersebut.

Sementara itu, Sekretaris Badan Keuangan dan Aset Daerah (BKAD) Kota Madiun Sidik Muktiaji menjelaskan bahwa Transmart tutup dikarekan masa kontrak kerja sama PT KTP dengan pemkot telah habis per 17 Januari 2024 mendatang.

Sebelumnya, kerja sama dengan sistem build operate transfer (BOT) itu sudah terjalin sejak 18 Maret 2008 atau selama 15 tahun 10 bulan.

"Belum ada investor yang masuk," ujarnya, Sabtu (4/11).

Saat ini, Pemkot Madiun sedang fokus pada persiapan untuk membuat kajian termasuk menyelesaikan proses appraisal. Setelah itu, aset akan dilelang.

Adapun sejumlah poin menjadi pertimbangan dalam kerja sama berikutnya antara lain besaran nilai investasi, kontribusi aktif yang tinggi, profit sharing terhadap pemkot, pengerjaan renovasi jangka pendek serta serapan tenaga kerja lokal.

"Pembukaan tender dilakukan pada Desember. Ada yang berminat dijadikan hotel. Ada juga yang minat dijadikan grosir atau plaza," tuturnya.

Meski proses lelang berjalan akhir tahun ini, penandatanganan kontrak kerja sama baru bisa dilakukan setelah 17 Januari 2024. "Namun sebelum itu kami selesaikan proses appraisal dulu untuk mengetahui besaran nilai aset itu," tandasnya. (Ws hendro/irs/madiuntoday)