Jaga Netralitas ASN Jelang Pemilu, Wali Kota : Boleh Punya Pilihan Asal Jangan Kampanye




MADIUN – Wali Kota Madiun Maidi mengingatkan kepada ASN di lingkup Pemerintah Kota Madiun untuk menjaga netralitas. Hal ini seiring datangnya tahun politik pada 2024 mendatang.

‘’ASN punya hak pilih. Gunakan sebaik-baiknya. Tapi jangan memengaruhi dan dipengaruhi,’’ ujarnya saat diwawancarai setelah sosialisasi P4GN-PN di I-Club, Senin (6/11).

Pengawasan, menurut wali kota, tetap dilakukan. Termasuk di media sosial. Wali kota mengatakan, pengawasan di media sosial dilakukan oleh Dinas Komunikasi dan Informatika bersama dengan Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia.

Apalagi, saat ini KPU Kota Madiun telah mengumumkan daftar calon tetap anggota DPRD Kota Madiun pada Pemilu 2024. Karenanya, ASN diminta untuk menjauhi hal-hal yang berbau kampanye. Serta, lebih memperhatikan hal-hal kecil yang mengarah atau berpotensi kampanye.

‘’ASN berangkat kerja komandannya aturan,’’ tegasnya.

Lebih lanjut, wali kota mengatakan bahwa ada sanksi tegas sesuai dengan peraturan KemenPAN RB bagi ASN yang melanggar netralitas. ‘’Sanksi macam-macam. Tergantung pelanggarannya. Mulai dari turun pangkat hingga yang terberat pemecatan,’’ tandasnya. (Vincent/irs/madiuntoday)